3 Calon Lawan Timnas Indonesia apabila Melewati ke 16 Besar Piala Asia 2023

3 Calon Lawan Timnas Indonesia apabila Melewati ke 16 Besar Piala Asia 2023

Berita Bola Hari IniMelex.id Kesempatan Timnas Indonesia untuk lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 masih terbuka lebar usai mengalahkan Vietnam di dalam matchday kedua Grup D.

Pada laga yang berlangsung di dalam Stadion Abdullah bin Khalifa Doha, Qatar, hari terakhir pekan (19/1/2024) waktu malam WIB, Timnas Indonesia menang satu gol tanpa balas lewat gol penalti Asnawi Mangkualam.

Raihan tiga poin itu menimbulkan Timnas Indonesia punya prospek untuk lolos ke putaran 16 besar Piala Asia. Garuda menduduki peringkat ketiga klasemen Grup dengan raihan tiga poin seperti Jepang.

Indonesia sanggup lolos dengan skenario maksimal menjadi runner-up Grup D kemudian minimal sebagai runner-up terbaik. Kepastian akan datang didapatkan pada waktu menghadapi Negeri Sakura pada Rabu (24/1).

Jika menang, Timnas Indonesia berpeluang menjadi runner-up grup serta lolos otomatis ke 16 besar. Jika kalah dengan margin kurang dari dua gol atau seri melawan Jepang, Indonesia sanggup finis pada peringkat ketiga lalu berpeluang menjadi salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik.

Lantas, siapa hanya pasukan yang digunakan berpotensi menjadi lawan Timnas Indonesia apabila lolos ke 16 besar Piala Asia 2023?

1. Qatar

Tuan rumah Qatar telah dipastikan lolos ke 16 besar Piala Asia usai meraih dua kemenangan di tempat Grup A. Mereka akan melawan di area antara peringkat ketiga dari Grup C, D atau E.

Jika lolos lewat skenario peringkat tiga terbaik, maka Timnas Indonesia berpotensi melawan tuan rumah Qatar. Hal ini tak akan menjadi laga yang digunakan mudah akibat Qatar bermain pada depan pubik sendiri.

Terlebih Qatar merupakan juara bertahan usai menjadi kampiun Piala Asia 2019.

2. Australia

Australia berpotensi besar mengunci juara Grup B kendati sikap merek masih bisa saja digeser Uzbekistan. Negeri Kangguru mengoleksi 6 poin juga unggul 2 bilangan dari Uzbekistan.

Jika lolos ke 16 besar sebagai juara Grup B, Australia berpotensi besar bertemu dengan Timnas Indonesia dengan asumsi lolos sebagai peringkat tiga terbaik.

3. Korea Selatan

Persaingan di tempat Grup E sangat ketat, Korea Selatan masih menduduki peringkat kedua. Dengan koleksi identik 4 poin, Taeguk Warriors kalah produktivitas gol dari Yordania.

Korea Selatan “hanya” harus menghadapi Malaysia—yang telah dipastikan tersingkir— dalam laga terakhir Grup D. Sehingga tiga poin penuh diprediksi akan diraih Son Heung-min juga kolega.

Sementara Yordania dihadang Bahrain yang digunakan akan mati-matian meraih kemenangan atau hasil imbang demi menghidupkan asa lolos ke 16 besar.

Jika Korea Selatan yang menjadi juara Grup D, maka Timnas Indonesia—dengan asumsi lolos lewat peringkat ketiga terbaik—maka akan saling berhadapan.

Ini menjadi laga nostalgia buat Shin Tae-yong yang mana pernah menukangi Korea Selatan.

Kontributor: Aditia Rizki

Sumber : Suara.com