Berita  

4 Petugas KA Tewas, KAI Pastikan Seluruh Penumpang Kecelakaan Kereta Turangga lalu Bandung Raya Selamat

4 Petugas KA Tewas, KAI Pastikan Seluruh Penumpang Kecelakaan Kereta Turangga lalu Bandung Raya Selamat

Berita Terkini Hari IniMelex.id PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan konfirmasi hingga pada waktu ini tidaklah ada korban jiwa dari penumpang pada kecelakaan KA Turangga relasi Surabaya Gubeng–Bandung kemudian Commuterline Bandung Raya. Kecelakaan itu terjadi pada Cicalengka, Bandung, Jawa Barat, hari terakhir pekan (5/1/2024) pagi.

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengungkapkan dari total penumpang KA Turangga sebanyak 287 orang lalu KA Commuterline sebanyak 191 penumpang, ada 22 penumpang yang tersebut luka ringan.

“Telah dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapat perawatan,” kata Raden Agus Dwinanto Budiadji di keterangannya yang digunakan diterima dalam Jakarta, Jumat.

Agus menerangkan korban dirawat di dalam RSUD Cicalengka 18 orang, RS Edelweis 2 orang, lalu RS AMC 2 orang.

Meski tak ada korban dari penumpang, empat petugas KA meninggal dunia.

KAI sangat berduka serta menyampaikan belasungkawa melawan meninggalnya empat petugas KA. Mereka yang jadi korban terdiri melawan masinis, asisten masinis, pramugara, kemudian petugas keamanan akibat perkembangan kecelakaan kereta api (KKA) tersebut.

KAI sangat mengapresiasi jasa merekan yang tersebut telah terjadi berkontribusi terhadap perusahaan.

Lebih lanjut, para penumpang yang dimaksud selamat, telah terjadi dievakuasi dan juga dengan segera dibawa ke stasiun terdekat untuk melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi yang KAI sediakan.

Petugas Basarnas sama-sama petugas lainnya melakukan proses evakuasi di kecelakaan dua kereta api komersial di dalam jalur petak Stasiun Cicalengka, Daerah Bandung, Jawa Barat, hari terakhir pekan (5/1/2023). (Antara/HO-Basarnas Bandung)
Petugas Basarnas dengan petugas lainnya melakukan proses evakuasi di kecelakaan dua kereta api komersial pada jalur petak Stasiun Cicalengka, Kota Bandung, Jawa Barat, hari terakhir pekan (5/1/2023). (Antara/HO-Basarnas Bandung)

“Saat ini, seluruh kelompok kami beserta pihak-pihak terkait seperti TNI/Polri, Basarnas, DJKA Kemenhub, KNKT, dan juga pihak-pihak lain sedang melakukan upaya penanganan kecelakaan kedua kereta tersebut,” katanya.

Untuk mengatasi perjalanan beberapa orang rangkaian KA lainnya yang akan melintas di dalam jalur tersebut, KAI berada dalam melakukan upaya rekayasa pola operasi dalam bentuk jalan memutar dan juga pengalihan menggunakan angkutan lain. (Antara)

Sumber : Suara.com