5 Fakta Menarik usai Timnas Indonesia Bungkam Vietnam di dalam Piala Asia 2023: STY Akhiri Kutukan!

5 Fakta Menarik usai Timnas Indonesia Bungkam Vietnam di tempat di Piala Asia 2023: STY Akhiri Kutukan!

Berita Bola Hari IniMelex.id Kemenangan gemilang Timnas Indonesia berhadapan dengan Vietnam pada matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 memunculkan sejumlah fakta menarik.

Skuad Garuda berhasil mengalahkan rival dari Asia Tenggara dengan skor tipis satu-nol pada laga dalam di dalam Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Hari Jumat (19/1/2024) waktu malam WIB.

Gol semata wayang Garuda di laga ini dicetak kapten Asnawi Mangkualam lewat titik putih pada menit ke-42.

Baca juga: Momen Wasit ‘Curi’ Bola Marselino Ferdinan, Laga Timnas Indonesia vs Vietnam Sempat Terhenti

Timnas Indonesia mendapat hadiah penalti setelahnya Rafael Struick dijatuhkan salah satu pemain belakang Vietnam di dalam kotak terlarang.

Berikut 5 fakta menarik usai Timnas Indonesia pecundangi Vietnam di dalam Piala Asia 2023.

1. Shin Tae-yong Akhiri Kutukan Vietnam

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (pssi.org)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (pssi.org)

Kemenangan ini mengakibatkan Shin Tae-yong mengakhiri kutukan ketika berhadapan dengan Vietnam. Hal ini merupakan kemenangan perdana sang pembimbing menghadapi Golden Star Warriors selama mengawasi Timnas Indonesia pada level senior.

Sebelum pertandingan ini, Shin Tae-yong harus meninjau Timnas Indonesia didominasi Vietnam dengan rincian dua imbang juga dua kekalahan.

2. Timnas Indonesia Kembali Punya Taring

Bek timnas Indonesia #14 Asnawi Mangkualam melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama timnya dari titik penalti pada pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia dalam Stadion Abdullah bin Khalifa pada Doha pada 19 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP
Bek timnas Indonesia #14 Asnawi Mangkualam melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama timnya dari titik penalti pada pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia pada Stadion Abdullah bin Khalifa di tempat Doha pada 19 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP

Sebelum pertandingan ini, Timnas Indonesia tak punya taring pada waktu menghadapi Vietnam di empat tahun terakhir.

Kemenangan satu gol tanpa balas menyebabkan Timnas Indonesia mengakhiri puasa gol ke gawang Vietnam di area mana terakhir kali Garuda merobek jala lawannya itu terjadi pada 2019 dalam Kualifikasi Piala Bumi 2022 Qatar.

3. Asnawi Mangkualam Cetak Sejarah

Bek timnas Indonesia #14 Asnawi Mangkualam melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama timnya dari titik penalti pada pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia dalam Stadion Abdullah bin Khalifa di tempat Doha pada 19 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.
Bek timnas Indonesia #14 Asnawi Mangkualam melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama timnya dari titik penalti pada pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia pada Stadion Abdullah bin Khalifa di dalam Doha pada 19 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.

Asnawi Mangkualam mencetak sejarah pasca mencetak gol ke gawang Vietnam. Dia jadi kapten Timnas Indonesia perdana yang tersebut mencatatkan namanya pada papan skor Piala Asia.

Sebelumnya pada edisi 1996, 2000, 2004 dan juga 2007, nama-nama macam Sudirman, Aji Santoso, Agung Setyabudi, hingga Ponaryo Astaman yang digunakan jadi skipper Timnas Indonesia bukan mencetak gol dalam kejuaraan yang digunakan dia ikuti sebagai kapten utama Garuda.

Baca juga: Disikut Pemain Vietnam, Jordi Amat Tinggalkan Lapangan dengan Hidung Berdarah

Ponaryo Astaman mencetak gol pada edisi 2004, namun gelandang legendaris ini baru jadi kapten Timnas Indonesia pada Piala Asia 2007.

4. Vietnam Tersingkir

Gelandang timnas Indonesia #07 Marselino Ferdinan berebut bola dengan gelandang Vietnam #19 Nguyen Quang Hai pada pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs timnas Indonesia pada Stadion Abdullah bin Khalifa di area Doha pada 19 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.
Gelandang timnas Indonesia #07 Marselino Ferdinan berebut bola dengan gelandang Vietnam #19 Nguyen Quang Hai pada pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs timnas Indonesia dalam Stadion Abdullah bin Khalifa dalam Doha pada 19 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.

Kemenangan Timnas Indonesia juga memverifikasi tersingkirnya Vietnam dari Piala Asia 2023. The Golden Star Warriors sekarang ini menduduki sikap buncit di area Grup D dengan nol poin.

Laga terakhir Vietnam kontra Irak telah tak berpengaruh lagi mengingat poin maksimal merek belaka tiga lalu secara head-to-head sekarang ini kalah dari Negeri Sakura dan juga Indonesia.

5. Timnas Indonesia Perpanjang Napas

Para pemain Indonesia menyanyikan lagu kebangsaannya sebelum dimulainya pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia dalam Stadion Abdullah bin Khalifa di dalam Doha pada 19 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.
Para pemain Indonesia menyanyikan lagu kebangsaannya sebelum dimulainya pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di area Stadion Abdullah bin Khalifa di area Doha pada 19 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.

Timnas Indonesia sekaligus menunda napas untuk dapat lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 usai mengalahkan Vietnam.

Skuad Garuda sekarang menduduki urutan tiga klasemen Grup D dengan koleksi tiga poin, setara Negeri Sakura di tempat urutan kedua pada mana kedua kelompok akan saling sikut pada matchday terakhir yang tersebut dijadwalkan berlangsung 24 Januari mendatang.

Sumber : Suara.com