Berita  

Ade Armando Ragukan Hasil Quick Count: Saya Masih Percaya PSI Bisa Masuk Parlemen

Ade Armando Ragukan Hasil Quick Count: Saya Masih Percaya PSI Bisa Masuk Parlemen

Berita Terkini Hari IniMelex.id Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Ade Armando mengaku meragukan hasil quick count terkait perolehan pendapat PSI di dalam bawah 4 persen lalu tidaklah bisa jadi masuk parlemen.

Ade menjabarkan salah satu hasil quick count dari lembaga survei SMRC yang menampilkan hasil perolehan PSI semata-mata 2,9 persen yang dimaksud artinya PSI tidaklah tidak ada lolos ke DPR, akibat batas minimal ucapan yang digunakan harus diraih sebuah parpol agar sanggup masuk DPR adalah 4 persen.

“Namun saya juga percaya bahwa data SMRC itu tak menunjukkan bahwa PSI pasti tidaklah lolos,” kata Ade Armando seperti unggahan video di tempat akun X miliknya, Kamis (22/2/2024).

Menurut Ade, hasil quick count pada dasarnya adalah perkiraan tentang real count KPU yang mana sesungguhnya.

“Tapi ingat survei yang tersebut punya kekuatan tinggi untuk meramalkan real count hasilnya tetap saja 100 persen tidak ada akurat,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan ketidakakuratan ini ada serta memunculkan istilah margin of error kemudian level of confidence.

“Dalam perkara PSI kalau sekadar margin of errornya adalah 1,2 persen maka real count PSI 2,9 persen plus 1,2 persen itu serupa dengan 4,1 persen,” ungkapnya.

“Dan kalau real count PSI 4,1 persen maka berarti PSI mampu lolos masuk DPR pusat oleh sebab itu menyeberangi parlimentary threshold 4 persen,” sambungnya.

Berdasarkan hitung-hitungan tersebut, maka Ade Armando percaya PSI dapat lolos ke DPR.

“Karena itu sampai ketika ini saya masih percaya PSI dapat masuk parlemen juga itu terjadi sebab proses alamiah saja, bukanlah lantaran PSI seolah-olah bisa jadi menekan KPU untuk meloloskan PSI,” katanya.

Sumber : Suara.com