ADRO Hingga BBRI Tebar Dividen Interim, Cermati Estimasi Yieldnya

ADRO Hingga BBRI Tebar Dividen Interim, Cermati Estimasi Yieldnya

Berita Penyertaan Modal Hari IniMelex.id . Pihak yang Berinvestasi masih dapat memanfaatkan potensi cuan dari pembagian dividen temporer di tempat akhir tahun. Kontan.co.id mencatat, setidaknya ada empat emiten yang dimaksud akan membagikan kado akhir tahun berbentuk dividen pada penghujung 2023

1. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI)

Emiten perbankan pelat merah ini baru sekadar mengumumkan pembagian dividen terhadap pemegang sahamnya. Skor dividen yang disebutkan senilai Rupiah 12,7 triliun.

Besaran dividen yang dimaksud setara dengan Mata Uang Rupiah 84 per saham. Sebagai perbandingan, bilangan bulat ini lebih banyak besar dari dividen temporer yang tersebut dibagikan BBRI pada tahun lalu yang tersebut sekitar Simbol Rupiah 57 per saham atau total Simbol Rupiah 8,63 triliun.

Pada perdagangan Selasa (19/12), saham BBRI ditutup menguat 0,91% ke level Simbol Rupiah 5.550 per saham. Dengan demikian, estimasi dividend yield yang tersebut dihasilkan BBRI sebesar 1,51% yang didapat dengan membandingkan harga jual saham terakhir BBRI dengan dividen per saham.

2. PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO)

Kabar baik datang bagi pemegang saham PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO). Emiten pertambangan Batubara ini akan membagikan dividen temporer untuk pemegang sahamnya. ADRO memutuskan kemudian menyetujui untuk membagikan dividen pengganti untuk tahun buku 2023 sebesar US$ 400 juta.

ADRO belum menentukan besaran per saham yang mana akan diterima pemegang saham. Namun demikian, apabila dikonversikan ke rupiah, maka total dividen pengganti ADRO mencapai sekitar Rupiah 6,21 triliun.  

Dengan total saham ADRO sebanyak 30,88 miliar, maka dividen pengganti ADRO kurang lebih banyak Rupiah 200,98 per saham dengan estimasi yield 7,73%.

 

3.  PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC)

Entitas perniagaan Pelabuhan Indonesia (Pelindo), PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) juga akan membagikan dividen untuk pemegang sahamnya. IPCC telah lama setuju untuk membagikan dividen temporer sebesar Mata Uang Rupiah 29,46 miliar, Dimana setiap pemegang saham akan memperoleh dividen sebesar Rupiah 21,70 per saham.

Pada perdagangan Selasa (19/12), saham IPCC menguat 1,93% ke level Mata Uang Rupiah 730 per saham. Dengan demikian, yield yang dimaksud dihasilkan saham IPCC sebesar 2,97%.

4. PT Roda Vivatex Tbk (RDTX)

Perusahaan properti yang tersebut berkantor pusat pada Ibukota Indonesia ini akan membagikan dividen pengganti untuk pemegang sahamnya. RDTX akan membagikan dividen pengganti senilai Rupiah 200,25 miliar dengan dividen per saham sebesar Rupiah 745

Yield yang dihasilkan saham RDTX mencapai 4,92%, dengan nilai terakhir saham RDTX dalam level Simbol Rupiah 15.125 per saham.




Sumber : Kontan.co.id