Alasan Kominfo Belum Umumkan Insentif Frekuensi 5G Buat Operator

Alasan Kominfo Belum Umumkan Insentif Frekuensi 5G Buat Operator

Jakarta – Masa jabatan Menteri Komunikasi kemudian Informatika pada periode ini tinggal sebentar lagi. Namun masih berbagai PR yang tersebut masih belum selesai, termasuk permintaan operator seluler terkait insentif 5G. Operator seluler memohonkan adanya penurunan PNBP berjumlah 20% juga regulatory charges dalam bawah 10%.

Mengenai hal ini, Staf Ahli Menkominfo Budi Arie Setiadi dan Ketua Warga Telematika Indonesi (Mastel) Sarwoto Atmosutarno memaparkan lelang tingkat kejadian serta insentif yang dimaksud diberikan terhadap operator belum bisa jadi diinformasikan sebab Kominfo belum menerima rencana kegiatan bisnis operator.

Operator seharusnya melakukan perhitungan kelayakan industri pemanfaatan tingkat kejadian yang akan dilelang, yaitu 700 MHz lalu 2,6 GHz. Lewat rencana industri yang digunakan diajukan operator, Kominfo bisa memperkirakan tarif perdana yang mana ditawarkan lewat lelang termasuk insentif yang tersebut disediakan. 

“Jadi kalau pendekatannya lapangan usaha itu ‘oh saya mempunyai perusahaan plan tentang 5G seperti itu. Ini adalah akan layak saya peringkat kalo harga jual jumlah kali segini’, ya enggak?” kata Sarwoto ketika ditemui di kantor Kominfo, Jakarta, Kamis (22/3/202).

“Nah tahap ini belum ada, makanya bapaknya [Menkominfo] nunggu.”

Ia mengumumkan bahwa berkali-kali Menkominfo sudah ada komunikasikan kalau 5G itu skemanya insentif.

“Insentif itu artinya apa? Ya pemerintah menerima, menerima PNBP dong. Supaya apa? Supaya sektor berprogres dulu, nanti saya ambil [PNBP]-nya belakangan, iya artinya insentif sebanding dengan penanaman modal pemerintah,” terangnya.

Sampai pada waktu ini mereka masih mengawaitu ada operator yang tersebut menyatakan jaringan 5G layak digunakan secara bisnis.

“Untuk itu, tingkat kejadian sebagai cost input. Proyeksi berapa kemudian skemanya bagaimana,” ujar dia.

Artikel Selanjutnya Operator HP Minta Diskon Frekuensi, Menkominfo Kasih Jawaban

Artikel ini disadur dari Alasan Kominfo Belum Umumkan Insentif Frekuensi 5G Buat Operator