Alasan Shin Tae-yong Tunjuk Asnawi Mangkualam Gantikan Rafael Struick sebagai Eksekutor Penalti pada Laga Kontra Vietnam

Alasan Shin Tae-yong Tunjuk Asnawi Mangkualam Gantikan Rafael Struick sebagai Eksekutor Penalti pada Laga Kontra Vietnam

Berita Bola Hari IniMelex.id Timnas Indonesia berhasil menumbangkan Vietnam, satu gol tanpa balas di matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 di area Stadion Abdullah bin Khalifah, Doha, Qatar, berkat gol Asnawi Mangkualam dari tendangan penalti, Hari Jumat (19/1/2024) waktu malam WIB. Namun, ternyata penendang penalti awalnya adalah Rafael Struick.

Penalti itu terjadi pasca Rafael Struick ditarik Nguyen Thanh Binh lalu terjungkal di tempat kotak terlarang pada menit ke-42. Setelah wasit menunjuk titik putih, Struick bersiap mengambil bola untuk melakukan tendangan.

Bek timnas Indonesia #14 Asnawi Mangkualam melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama timnya dari titik penalti pada pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di tempat Stadion Abdullah bin Khalifa di dalam Doha pada 19 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP
Bek timnas Indonesia #14 Asnawi Mangkualam melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama timnya dari titik penalti pada pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia dalam Stadion Abdullah bin Khalifa pada Doha pada 19 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP

Baca Juga: Disikut Pemain Vietnam, Jordi Amat Tinggalkan Lapangan dengan Hidung Berdarah

Namun, ternyata ada instruksi dari pinggir lapangan untuk mengganti algojo. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memohon Asnawi Mangkualam yang mana melakukan tendangan.

Terbukti, tindakan juru taktik selama Korea Selatan itu terbilang tepat. Tembakan Asnawi tak mampu ditepis kiper Vietnam Filip Nguyen.

Shin Tae-yong meninjau Asnawi Mangkualam miliki kepercayaan diri yang digunakan lebih besar bagus. Dalam pertandingan tersebut, eksekutor penalti juga harus memiliki ketenangan yang baik.

“Memang benar saya arahkan pergantian pemain untuk mengambil tendangan penalti. Menurut saya Asnawi lebih banyak percaya diri,” kata Shin Tae-yong dilansir dari VN Express, Hari Sabtu (20/1/2024).

“Dia punya feeling yang digunakan sangat baik terhadap bola, walaupun belum mencetak gol. Beruntung tendangan Asnawi akurat, mengakibatkan pulang kemenangan tim,” tambahnya.

Baca Juga: Momen Wasit ‘Curi’ Bola Marselino Ferdinan, Laga Timnas Indonesia vs Vietnam Sempat Terhenti

Kemenangan Timnas Indonesia berhadapan dengan Vietnam memproduksi kesempatan lolos ke-16 besar terbuka. Terkini, kelompok Merah Putih menduduki kedudukan tiga klasemen sementara Grup D dengan 3 poin.

Jumlah yang dimaksud serupa dengan Jepun yang tersebut menempati tempat dua, namun unggul total gol. Adapun Jepun secara mengejutkan kalah dari Irak 1-2 di area matchday kedua.

Catatan yang disebutkan menciptakan partai hidup-mati akan tersaji di tempat laga pamungkas Grup D antara Timnas Indonesia vs Negeri Sakura pada 24 Januari mendatang.

Sementara Vietnam dipastikan angkat koper. Namun, mereka masih punya satu laga sisa melawan Irak yang mana sudah ada dipastikan meraih satu tiket ke fase 16 besar Piala Asia 2023 berkat dua kemenangan berhadapan dengan Indonesia serta Jepang.

Sumber : Suara.com