Berita  

Alvin Lim Tuding Ferdy Sambo Tidak Ditahan di dalam Lapas Salemba, Kalapas Angkat Bicara

Alvin Lim Tuding Ferdy Sambo Tidak Ditahan dalam di Lapas Salemba, Kalapas Angkat Bicara

Berita Teknologi Hari IniMelex.id Jakarta – Kepala Lapas Salemba Beni Hidayat angkat bicara tentang tudingan advokat Alvin Lim bahwa mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo tidaklah menghuni penjara itu. Dalam channel YouTube dengan Dokter Richard Lee, Alvin menyampaikan para terpidana persoalan hukum pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat tidaklah menghuni Lapas Salemba. 

Kepala Lapas Salemba membantah tudingan Alvin Lim itu “Gini lah kalau asumsi, semua boleh berasumsi tapi datanya seperti apa, by data gitu aja,” kata Beni pada waktu dihubungi Tempo melalui panggilan telepon pada Kamis, 4 Januari 2023. 

Beni menyatakan Alvin bukan pernah bertemu mirip sekali dengan Ferdy Sambo selama beliau ditahan di tempat Salemba oleh sebab itu Alvin sedang menjalani perawatan. Menurut Beni, Ferdy dipindahkan dari Lapas Salemba per tanggal 29  Agustus 2023 ke Lapas Cibinong. 

“Jadi 24 Agustus masuk dalam kami. Kemudian, 29 Agustus kami pindahkan, 5 hari itu ya,” ujarnya.

Dikonfirmasi Tempo secara terpisah, Alvin mengungkapkan kesaksiannya perihal podcast tersebut. “Saya juga ditahan di area Salemba sejak Oktober 2022 kan,” kata Alvin pada Kamis, 4 Januari 2024. 

Kabar Ferdy Sambo ditahan dalam Salemba, kata Alvin, terdengar ke seluruh penghuni tahanan. Menurutnya, prosedur tahanan baru pada Salemba masuk dulu di area ruang Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) untuk difoto dan juga cek kesehatan.

“Itu biasanya 15 menit sampai setengah jam. Seharusnya habis dari situ setiap tahanan masuk ke masa pengenalan lingkungan. Masalahnya si Ferdy Sambo ini enggak pernah masuk,” ucapnya.

Alvin menyatakan Ferdy hanya sekali tidur di dalam ruang KPLP yang tersebut ber-AC. “Jadi beliau tidur pada ruang depan enggak pernah masuk ke dalam,” sambungnya.

Dia juga membenarkan pernyataan Beni perihal beliau tiada pernah bertemu dengan Ferdy lantaran sedang menjalani perawatan gagal ginjal selama sekitar 6 bulan. “Saya cuci darah pulang pergi,” ucapnya. 

Alvin menyatakan walaupun menjalani perawatan ia mengetahui informasi masalah Ferdy dari rekan sesama tahanannya. “Ya kan merek nungguin kalau ada Ferdy Sambo dalam situ lalu ternyata pada ruang KPLP saja,” ujarnya.

Dia juga tak tahu tentang informasi kawan-kawan Ferdy Sambo lain seperti Hebat Ma’ruf lalu Ricky Rizal. Alvin menyatakan ia hanya saja tahu mengenai Richard Eliezer yang digunakan sempat dibawa ke Lapas Salemba sebentar cuma untuk difoto.

Saat ditanya bagaimana kegiatan tahanan di tempat Lapas Salemba, Alvin mengungkapkan ada kasta untuk para tahanan dalam mana dia yang dimaksud miliki uang tidaklah ditahan dalam sel. “Ya dibiarin cuma kayak kos-kosan duduk ngobrol-ngobrol. Kalau enggak punya duit ya ditahan terus enggak boleh pergi dari dari sel,” ucapnya. 

Dia menyatakan tiada ada kegiatan wajib lapas yang tersebut dihadiri oleh tahanan. “Enggak ada itu hanya saja teori doang, praktiknya bukan pernah dilakukan,” katanya.