Apa Itu DNS ? Berikut Penjelasan, Fungsi serta Cara Kerjanya

Apa Itu DNS ? Berikut Penjelasan, Fungsi juga Cara Kerjanya

Berita Teknologi Hari IniMelex.id JAKARTA – Istilah DNS ( Domain Name System) seringkali menyebabkan orang kebingungan akan makna, fungsi maupun cara kerjanya. Terlebih untuk merek yang mana tiada pernah berurusan dengan sistem domain.

Biasanya seseorang yang digunakan menginginkan layanan tambahan ketika mengakses internet akan mengubah DNS bawaan dengan cara masuk ke pengaturan jaringan WiFi.

Dengan penggantian DNS yang disebutkan seseorang dapat memperoleh beberapa ciri baru ketika mengakses internet, baik itu merupakan kecepatan maupun keamanan.

Pengertian DNS

adalah sistem yang dimaksud digunakan untuk mengonversi nama domain ke alamat IP yang sesuai. Sederhananya, sistem ini akan berfungsi sebagai buku telepon internet yang memetakan nama domain ke alamat IP yang tersebut sesuai.

Ketika seseorang memasukkan nama domain dalam peramban web, sistem DNS akan mencari alamat IP yang tersebut terkait dengan nama domain tersebut, sehingga peramban dapat mengarahkan ke server penyimpan situs web yang mana dicari.

DNS bekerja dengan menggunakan hirarki sistem domain, di dalam mana setiap tingkatan memiliki perannya sendiri. Contohnya, domain “.com”, “.org”, atau “.net” yang berada pada bagian paling menghadapi hierarki.

Fungsi DNS

Fungsi utama DNS adalah mengonversi nama domain yang tersebut mudah diingat menjadi alamat IP numerik yang mana sesuai. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses situs web atau layanan online dengan menggunakan nama domain alih-alih harus mengingat rangkaian hitungan IP.

DNS juga menyediakan mekanisme untuk menjalankan juga mendistribusikan informasi tentang nama domain serta alamat IP yang mana sesuai. Hal ini mencakup pendaftaran domain, pembaruan informasi DNS, kemudian penghapusan domain.

Selain mengonversi nama domain menjadi alamat IP, DNS juga dapat melakukan resolusi balik untuk mengkonversi alamat IP menjadi nama domain terkait. Hal ini banyak digunakan untuk verifikasi identitas lalu keamanan, seperti pada waktu mengidentifikasi sumber email atau akses jaringan.

Dalam hal keamanan, DNS dapat menyediakan fasilitas keamanan tambahan, seperti DNS Security Extensions (DNSSEC), yang dimaksud dapat membantu menjaga dari serangan DNS spoofing atau keracunan cache DNS.

Cara Kerja DNS

Cara kerja DNS melibatkan beberapa tahap yang dimaksud terjadi ketika mencoba mengakses situs web atau layanan online dengan menggunakan nama domain.

Misalnya ketika seseorang memasukkan sebuah URL (Uniform Resource Locator) atau nama domain ke pada peramban web, komputer atau perangkat, maka hal yang disebutkan secara otomatis akan mengirim permintaan DNS ke server DNS.

Setelah informasi ditemukan, jawaban DNS dikirimkan kembali ke komputer atau perangkat pengguna. Jawaban ini berisi alamat IP yang mana sesuai dengan nama domain yang dimaksud diminta.

Dengan alamat IP yang digunakan diterima, komputer atau perangkat dapat mengakses situs web atau layanan online yang tersebut diminta dengan menghubungi server.

Itulah penjelasan DNS lengkap dengan fungsi lalu cara kerjanya. Semoga informasi ini bisa jadi menambah pengetahuan terkait sistem domain.

Sumber : Sindonews.com