Apple Makin Tertekan, iPhone Jadi Kembaran HP Android

Apple Makin Tertekan, iPhone Jadi Kembaran HP Android

  • 1. Kabel Charger iPhone
  • 2. Toko Aplikasi
  • 3. Sistem Pembayaran
  • 4. Browser

Jakarta – Apple kemungkinan akan melakukan pembaharuan pada perangkatnya di Amerika Serikat (AS). Perubahan itu akan menimbulkan iPhone makin mirip dengan Android.

Hal yang disebutkan kemungkinan muncul setelahnya gugatan Departemen Kehakiman Amerika Serikat (DoJ) pada pengadilan setempat terhadap pembuat iPhone baru-baru ini.

Gugatan yang dimaksud bertujuan membantu perusahaan kecil yang tersebut mengembangkan aplikasi. Apple dinilai merugikan pengembang lalu developer perangkat lunak kecil dengan menantang biaya komisi besar-besaran.

“Kami memohonkan pemulihan kondisi persaingan dalam bursa yang mana terdampak tindakan Apple yang digunakan melanggar hukum,” minta Departemen Kehakiman menghadapi gugatan senilai US$2,7 triliun, diambil dari Reuters, Awal Minggu (25/3/2024).

Di Eropa, Apple dipaksa melakukan beberapa pembaharuan pada perangkatnya. Mulai dari perangkat charger hingga perangkat lunak dalam dalamnya.

Berikut 4 inovasi yang dimaksud diwujudkan Apple

1. Kabel Charger iPhone

Uni Eropa mengesahkan aturan persoalan standar pengisian daya perangkat pada 2022. Wilayah yang disebutkan mengharuskan semua perangkat miliki kabel USB-C standar.

Ini menyebabkan Apple harus mengganti lightning port chargernya dari yang sebelumnya menjadi USB-C, mirip seperti sebagian besar HP Android sekarang.

2. Toko Aplikasi

Apple juga tidak ada bisa jadi hanya saja menawarkan App Store pada para penggunanya. Aturan baru dalam Eropa mengharuskan adanya alternatif bagi toko aplikasi, termasuk platform web untuk mengunduh aplikasi mobile alias sideloading yang selama ini dikenal pada HP Android.

Dengan aturan tersebut, pengembang bisa jadi menjauhi biaya komisis 30% dari Apple. Selain perangkat lunak lebih besar murah, pengguna perangkat Apple juga sanggup mengakses lebih banyak banyak perangkat lunak lagi.

3. Sistem Pembayaran

Tidak ada lagi sistem pembayaran tunggal dari perangkat lunak Apple di Negeri Paman Sam maupun Uni Eropa. Ahli pengembangan perangkat lunak mampu mengarahkan pengguna dengan segera ke situsnya untuk melakukan pembelian.

Di Eropa, metode ini dilaksanakan setelahnya adanya UU pangsa Digital. Sementara di AS, Apple terpaksa melakukannya usai tuntutan hukum dari Epic Games.

4. Browser

Apple juga tak dapat lagi menawarkan Safari sebagai browser default. Pembaruan iOS 17.4 menawarkan pilihan beralih pada waktu pengguna membuka Safari.

Artikel Selanjutnya Pemilik iPhone Lebih Setia dari Orang yang tersebut Punya HP Android

Artikel ini disadur dari Apple Makin Tertekan, iPhone Jadi Kembaran HP Android