Bagaimana CAPTCHA Membedakan Robot dan juga Manusia? Berikut Penjelasannya

Bagaimana CAPTCHA Membedakan Robot serta juga Manusia? Berikut Penjelasannya

Berita Teknologi Hari IniMelex.id LONDON – CAPTCHA (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart) adalah sebuah sistem keamanan yang digunakan untuk membedakan antara manusia serta robot.

Seperti dilansir dari IFL Science, Mulai Pekan (25/12/2023), CAPTCHA bekerja dengan cara memberikan pertanyaan atau tugas yang sulit untuk dijawab atau diselesaikan oleh robot, tetapi mudah untuk dijawab atau diselesaikan oleh manusia.

Ada beberapa jenis CAPTCHA yang tersebut berbeda, tetapi secara umum, CAPTCHA bekerja dengan cara berikut:

1. Teks CAPTCHA: CAPTCHA jenis ini menampilkan susunan teks, angka, atau simbol yang mana terdistorsi. User diminta untuk mengetikkan kembali teks yang dimaksud dengan benar. Robot biasanya kesulitan untuk mengetikkan kembali teks yang dimaksud terdistorsi, lantaran mereka itu bukan dapat memahami konteks teks tersebut.

2. Gambar CAPTCHA: CAPTCHA jenis ini menampilkan gambar yang digunakan terdiri dari beberapa objek. Konsumen diminta untuk memilih objek tertentu dari gambar tersebut. Robot biasanya kesulitan untuk memilih objek yang digunakan tepat dari gambar, akibat mereka bukan dapat memahami konteks gambar tersebut.

Puzzle CAPTCHA: CAPTCHA jenis ini menampilkan puzzle yang harus diselesaikan oleh pengguna. Robot biasanya kesulitan untuk menyelesaikan puzzle, dikarenakan dia tiada dapat memahami cara kerja puzzle tersebut.

3. Selain itu, CAPTCHA juga dapat menggunakan teknik-teknik lain untuk membedakan antara manusia kemudian robot, seperti:

Analisis pergerakan mouse: CAPTCHA dapat menganalisis aksi mouse pengguna untuk menentukan apakah pengguna adalah manusia atau robot. Robot biasanya tidaklah dapat meniru pergerakan mouse manusia yang bukan teratur.

Analisis waktu reaksi: CAPTCHA dapat mengukur waktu reaksi pengguna untuk menentukan apakah pengguna adalah manusia atau robot. Robot biasanya miliki waktu reaksi yang mana lebih banyak cepat daripada manusia.

Sumber : Sindonews.com