Barito Timur peroleh alokasi acara optimasi lahan rawa 1.500 hektare

Barito Timur peroleh alokasi acara optimasi lahan rawa 1.500 hektare

Rencana optimasi lahan rawa yang mana diharapkan sanggup meningkatkan produksi padi di tempat ini dilaksanakan bekerja sejenis dengan Kodim 1012 Buntok.

Tamiang Layang – pemerintahan Daerah Barito Timur, Kalimantan Tengah, mendapat alokasi inisiatif optimasi lahan rawa untuk tumbuhan padi dari Kementerian Pertanian seluas 1.500 hektare .

"Program optimasi lahan rawa yang dimaksud diharapkan mampu meningkatkan produksi padi pada area ini dilaksanakan bekerja identik dengan Kodim 1012 Buntok," kata Kepala Dinas Pertanian serta Ketahanan Pangan (DPKP) Barito Timur Lurikto dalam Tamiang Layang.

Menurut dia, acara itu bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur lahan pertanian rawa melalui pembangunan, rehabilitasi infrastruktur, tata lahan serta tata air, dengan harapan lahan yang mana dioptimasi dapat berubah menjadi lahan produktif sehingga mampu meningkatkan indeks pertanaman pangan khususnya padi pada wilayah Barito Timur.

“Maksudnya adalah lahan sawah yang telah ada namun selama ini belum optimal, maka 
harus dibenahi dengan optimasi lahan rawa bertujuan untuk meningkatkan optimalisasi lahannya sehingga mampu optimal produksi dan juga hasilnya,” kata dia.

Dia mengemukakan dengan terlaksana optimasi lahan diharap dapat meningkatkan produksi padi pada wilayah Barito Timur. Dampaknya juga sanggup pada meningkatkan kesejahteraan petani setempat.

“Mungkin inisiatif ini sudah ada bisa saja dilaksanakan pada April atau Mei 2024. Untuk beberapa hari ke depan dilaksanakan penandatanganan MoU dengan Dandim 1012 Buntok untuk pelaksanaan optimasi lahan rawa pada Daerah Barito Timur,” kata Lurikto.

Lurikto juga mengimbau para petani penerima khasiat untuk sanggup memberikan dukungan agar kegiatan optimasi lahan rawa dapat berjalan dengan tertib dan juga lancar, dan juga dapat memberikan dampak positif yang dimaksud signifikan bagi peningkatan produksi padi.

“Kami berterima kasih terhadap Kementerian Pertanian RI serta Pemprov Kalteng, sehingga kami akan berupaya seoptimal kemungkinan besar agar acara optimalisasi lahan rawa ini dapat berhasil terlaksana,” demikian Lurikto.

Artikel ini disadur dari Barito Timur peroleh alokasi program optimasi lahan rawa 1.500 hektare