Berita  

Belajar Penanaman Modal ala Nabi Muhammad, Taruh Uang di 3 Instrumen

Belajar Penanaman Modal ala Nabi Muhammad, Taruh Uang pada 3 Instrumen

Jakarta – Junjungan umat muslim, Nabi Muhammad SAW tidak hanya saja dikenal sebagai penyebar agama Islam, tetapi juga pebisnis. Rasulullah rupanya menjalankan kegiatan bisnis dengan cara mengelola kapital dari para investor. 

Dalam riset The Rasulullah Way of Business (2021), Nabi Muhammad memiliki modal kepercayaan kemudian akhirnya dapat mendapatkan pemodal dikarenakan jujur serta amanah.

Berikutnya pasca menjalankan usaha dari kumpulan uang para pemodal, Nabi Muhammad melakukan bagi hasil pada keuntungan usahanya. Kemudian berinvestasi dengan tujuan mendapatkan passive income.

Salah satu yang diwujudkan adalah beternak. Nabi Muhammad melanjutkan keahliannya sejak kecil itu hingga dewasa dengan memiliki puluhan ekor unta.

Rasulullah diketahui juga mempunyai beberapa hewan lain yakni kuda, keledai, sapi, serta domba.

Selain beternak, Nabi Muhammad berinvestasi pula pada tanah kemudian properti. Laporan Musaffa menyebutkan sewa tanah dijalankan pada warga Yahudi dengan konsep bagi hasil.

Nabi Muhammad juga menyewa kebun kurma juga tanah ke Khaybar pada pendatang Yahudi. Mereka bisa jadi tinggal ke tanah yang disebutkan juga mengelolanya lalu membagi keuntungannya. Idea bagi hasil disebut sebagai mudharabah.

Satu hal yang tersebut penting diingat dari penanaman modal Nabi Muhammad adalah terkait bersedekah. Islam mengajarkan ada hak warga lain pada harta kekayaan manusia dan juga dengan membantu pemukim lain maka mendapatkan keuntungan luar biasa.

Nabi Muhammad bukan menyimpan harta kekayaannya. Rasulullah dikenal sebagai sosok yang rutin bersedekah, dari uang, pakaian maupun makanan.

Jadi apabila ingin mengikuti Nabi Muhammad pada berinvestasi pilihlah properti, lahan, lalu hewan ternak. Jangan lupa juga untuk bersedekah.

Artikel Selanjutnya Sama-sama Punya Risiko, Apa Beda Pengembangan Usaha Saham & Kripto?

Artikel ini disadur dari Belajar Investasi ala Nabi Muhammad, Taruh Uang di 3 Instrumen