Berita  

Berkas Perkara Kasus Pemerasan SYL Belum Lengkap, Polda Metro Jaya Akan Periksa Tersangka Firli Bahuri Lagi

Berkas Perkara Kasus Pemerasan SYL Belum Lengkap, Polda Metro Jaya Akan Periksa Tersangka Firli Bahuri Lagi

Berita Terkini Hari IniMelex.id Polda Metro Jaya akan memeriksa Firli Bahuri kembali sebagai terdakwa persoalan hukum pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo alias SYL.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak menyatakan pemeriksaan tambahan terhadap Firli diadakan untuk melengkapi berkas perkara yang mana dikembalikan Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta.

“Masih diperlukan keterangan tambahan terperiksa FB,” kata Ade di tempat Polda Metro Jaya, Jakarta, Hari Jumat (5/1/2023).

Selain memeriksa Firli, kata Ade, penyidik juga akan melakukan pemeriksaan tambahan terhadap saksi-saksi. Termasuk juga memeriksa saksi-saksi baru guna melengkapi berkasa perkara terkait tindakan hukum pemerasan ini.

“Kami tindakan lanjuti dengan pembuatan rencana pemeriksaan tambahan maupun pemeriksaan saksi baru untuk pemenuhan petunjuk P19 dari JPU pada Kantor Kejati DKI Jakarta,” katanya.

Kendati begitu, Ade belum menyampaikan kapan pemeriksaan tambahan terhadap Firli ini akan dilakukan. Perkembangan tekait jadwal pemeriksaan tambahan ini menurutnya akan disampaikan pada waktu dekat.

TPPU di area Berkas Terpisah

Sebagaimana diketahui Polda Metro Jaya kekinian juga sedang membidik Firli dengan pasal TPPU di dalam balik persoalan hukum pemerasan terhadap SYL.

Ade juga mengungkap penyidik kekinian sedang fokus melengkapi berkas perkara perkara pemerasan Firli terlebih dahulu. Penyelidikan terkait persoalan hukum aksi pidana pencucian uang atau TPPU nantinya akan dilaksanakan di berkas perkara terpisah.

“Penyidik akan tuntaskan dahulu untuk dugaan pidana asalnya (pemerasan). Baru setelahnya itu TPPU-nya pada berkas terpisah,” jelas Ade.

Sumber : Suara.com