Biodata kemudian Prestasi Wataru Endo, Pemain Liverpool yang mana Incar Kemenangan gemilang Lawan Timnas Indonesia

Biodata kemudian Prestasi Wataru Endo, Pemain Liverpool yang tersebut mana Incar Kejayaan gemilang Lawan Timnas Indonesia

Berita Bola Hari IniMelex.id Mengupas latar belakang Wataru Endo, pemain Liverpool lalu juga Timnas Jepun yang digunakan mengincar kemenangan di dalam Piala Asia 2023 ketika bersua Timnas Indonesia.

Peta persaingan menuju ke 16 besar Piala Asia 2023 makin memanas seiring hasil yang tersebut tercipta pada laga kedua grup D antara Irak vs Jepun dan juga Vietnam vs Indonesia.

Di laga kedua grup D, Negeri Matahari Terbit yang digunakan diunggulkan akan datang lolos ke 16 besar dengan mudah, justru harus menunda kelolosannya setelahnya kalah dari Irak, hari terakhir pekan (19/1).

Dalam pertandingan tersebut, Negeri Sakura secara mengejutkan tumbang dengan skor 1-2 dari Irak. Hasil ini memproduksi Singa Mesopotamia pun otomatis lolos ke 16 besar.

Sedangkan dalam laga lainnya, Indonesia juga berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor satu gol tanpa balas yang mana menghasilkan skuad Garuda sekarang memiliki poin yang tersebut mirip dengan Jepang, yakni tiga poin.

Tak ayal, tiket 16 besar yang tersebut tersisa di dalam grup D akan diperebutkan oleh Jepun juga Indonesia yang digunakan akan berduel di dalam laga pamungkas grup D.

Jelang laga ini, bintang Timnas Negeri Sakura yakni Wataru Endo menegaskan target timnya pada laga pamungkas adalah untuk meraih kemenangan melawan Timnas Indonesia.

Ia juga timnya pun akan bermain maksimal pada laga pamungkas kontra Timnas Indonesia agar dapat merebut tiket ke sesi 16 besar.

Tak ayal keseriusan Wataru Endo yang dimaksud menimbulkan netizen Tanah Air membicarakannya. Berikut biodata kemudian prestasi kapten Timnas Negeri Matahari Terbit tersebut.

Biodata Wataru Endo

Nama Lengkap: Wataru Endo

Nama Panggilan: Endo

Tempat Tanggal Lahir: Yokohama, Jepang, 9 Februari 1993

Posisi: Gelandang

Klub: Liverpool

Wataru Endo merupakan pemain berposisi gelandang bertahan yang digunakan lahir di area Yokohama, Jepang, pada 9 Februari 1993 atau ketika ini berusia 30 tahun.

Namanya sendiri melejit pada waktu pertengahan tahun 2023 kemarin, kala raksasa Kompetisi Inggris, Liverpool, memboyongnya dari VfB Stuttgart dengan harga jual 16 jt poundsterling.

Sebelum bermain untuk Liverpool, Endo sendiri mengawali kiprahnya pada sepak bola di tempat Jepang. Klub profesional pertamanya adalah Shonan Bellmare pada kasta kedua Kompetisi Jepang.

Usai mengakibatkan Shonan Bellmare iklan lalu bertahan pada kasta teratas Turnamen Jepang, Endo kemudian diboyong oleh Urawa Red Diamonds pada 2016.

Hanya pada waktu dua tahun saja, bakat Endo pun tercium hingga ke Eropa. Pada 2018, klub Belgia yakni Sint-Truiden memboyongnya secara permanen.

Tapi Endo hanya sekali bertahan semusim di dalam Sint-Truiden. Pada musim keduanya di area Eropa atau pada tahun 2019, ia dipinjamkan ke VfB Stuttgart.

Di musim pertamanya di tempat Stuttgart, Endo tampil apik dan juga menciptakan klub yang berbasis pada Jerman itu mempermanenkannya pada April 2020.

Sejak pada waktu itu, Endo menjadi andalan Stuttgart serta memproduksi Liverpool memboyongnya pada bursa pengiriman musim panas 2023.

Karena kiprah apiknya, Endo pun sudah ada membela Timnas Jepun sejak 2015. Hingga artikel ini dibuat, dirinya telah terjadi membela Samurai Biru sebanyak 57 kali dengan torehan 3 gol juga 4 assist.

Prestasi Wataru Endo

Prestasi Kolektif:

– Juara J2 League 2014 (bersama Shonan Bellmare)
– Juara J League Cup 2016 (bersama Urawa Red Diamonds)
– Juara Suruga Bank Championship 2017 (bersama Urawa Red Diamonds)
– Juara Kompetisi Champions Asia 2017 (bersama Urawa Red Diamonds)
– Juara Piala Asia U-23 2016 (bersama Jepun U-23)
– Runner Up Piala Asia 2019 (bersama Jepang)

Prestasi Individu:

– Pemain Terbaik J2 League April 2014
– Pemain Terbaik Liverpool Desember 2023
– The Best XI Japan Pro-Footballers Association Awards 2022 juga 2023

Kontributor: Felix Indra Jaya

Sumber : Suara.com