BMKG Sebut Gempa Bawean Luar Biasa, Ada Patahan Misterius di Laut Jawa

BMKG Sebut Gempa Bawean Luar Biasa, Ada Patahan Misterius pada Laut Jawa

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, juga Geofisika membeberkan hasil temuannya terkait Gempa Bawean yang tersebut berjalan minggu lalu. Salah satunya adalah sesar belum terpetakan dengan kredibel.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan juga Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan kejadian gempa dengan mekanisme pergerakan geser atau mendatar itu (strike-slip fault) juga membuatnya kaget.

“Dengan memperhatikan posisi episenter, dua gempa bumi yang terbentuk jenis kerak dangkal atau kita kenal shallow crust earth quake akibat aktivitas sesar terlibat di dasar Laut Jawa,” ujar Daryono, disitir dari Detik.com, Awal Minggu (25/3/2024).

“Tentu sekadar ini sebuah kejadian luar biasa. Di mana, sesarnya belum terpetakan dengan kredibel,” imbuhnya.

Gempa Bawean yang digunakan pertama, Daryono menjelaskan miliki kekuatan M 5,9 dengan kedalaman 10 km. Kejadian pukul 11:22 Waktu Indonesia Barat itu terjadi dengan episenter 574 LS-112.32 BT kemudian berada di dalam laut 37 km arah barat Pulau Bawean.

Sekitar tiga setengah jam kemudian atau tepatnya 15:52 Waktu Indonesia Barat gempa kedua terjadi. Kali ini kekuatannya M 6,2 dengan kedalaman 12 km juga episenter 5,92 LS – 112,35 BT. Lokasinya berada di dalam laut 35 km arah barat Pulau Bawean.

Hingga hari terakhir pekan di malam hari berikutnya pukul 20:00 WIB, BMKG mencatatkan data 64 kali aktivitas gempa dengan kekuatan antara M 2,7 hingga M 6,5.

Pusat Vulkanologi lalu Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG) juga tidaklah membocorkan nama sesar terlibat yang tersebut memicu gempa di dalam Laut Jawa. Lembaga itu memperkirakan terdapat sesar mengarah ke relatif timur laut barat daya yang merupakan Pola Meratus.

“Sesar pada Pola Meratus ini merupakan sesar tua (Pra Tersier hingga Tersier) dan juga diperkirakan mengalami reaktivasi,” ujar PMVMBG.

Artikel Selanjutnya BMKG Ungkap Petaka Besar Ini adalah Bayangi RI Akibat Krisis Iklim

Artikel ini disadur dari BMKG Sebut Gempa Bawean Luar Biasa, Ada Patahan Misterius di Laut Jawa