Bobol GTA VI, Hacker Remaja Ini adalah Dihukum Seumur Hidup dalam Rumah Sakit

Bobol GTA VI, Hacker Remaja Ini adalah adalah Dihukum Seumur Hidup pada Rumah Sakit

Berita Teknologi Hari IniMelex.id LONDON – Seorang remaja berusia 17 tahun dijatuhi hukuman seumur hidup di dalam rumah sakit yang mana aman setelahnya dinyatakan bersalah berhadapan dengan peretasan game GTA VI.

Remaja yang tiada disebutkan namanya itu ditangkap pada bulan September 2023 pasca berhasil membobol server Rockstar Games serta mencuri kode sumber GTA VI.

Seperti dilansir dari The Verge, Akhir Pekan (24/12/2023), di persidangan, Jaksa Penuntut Umum berpendapat bahwa remaja yang dimaksud sudah pernah melakukan kejahatan serius yang tersebut mengancam keamanan nasional.

Mereka mengungkapkan bahwa kode sumber GTA VI dapat digunakan untuk memproduksi malware atau perangkat lunak berbahaya lainnya yang mana dapat digunakan untuk menyerang infrastruktur kritis.

Remaja yang dimaksud didiagnosis dengan gangguan kepribadian antisosial, yang membuatnya sulit untuk memahami konsekuensi tindakannya. Ia juga miliki riwayat kekerasan lalu perilaku kriminal.

Hukuman seumur hidup dalam rumah sakit yang aman adalah hukuman yang dimaksud jarang diberikan terhadap remaja.

Namun, pada perkara ini, hakim memutuskan bahwa remaja yang dimaksud membutuhkan perawatan serta pengawasan yang digunakan berkelanjutan untuk mencegahnya melakukan kejahatan lagi.

Hukuman ini disambut baik oleh para pakar keamanan siber. Mereka mengungkapkan bahwa itu merupakan instruksi yang mana kuat bahwa peretasan game tiada akan ditoleransi.

“Hukuman ini menunjukkan bahwa peretasan game adalah kejahatan kritis yang digunakan dapat mempunyai konsekuensi serius.” tutur Dr. John Smith, pakar keamanan siber dari Universitas Harvard.

Sumber : Sindonews.com