Bos Besar Apple Datang ke RI Bulan Depan, Hal ini Bocoran Menkominfo

Bos Besar Apple Datang ke RI Bulan Depan, Hal ini Bocoran Menkominfo

Jakarta – Bos Apple Tim Cook berencana akan ke Nusantara pada April mendatang. Hal ini dikonfirmasi oleh Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi.

“Dari Apple Tim Cook mau datang 20 April,” kata Budi Arie ditemui dalam kantor Kominfo, Kamis (21/3/2024).

Namun, ia memaparkan kedatangan Tim Cook bukanlah untuk merancang pabrik. Seperti diketahui, Apple belum miliki pabrik perakitan perangkat seperti iPhone kemudian iPad di tanah air.

Menurut Budi, Tim Cook hadir untuk meresmikan Apple Academy ke Bali. Sebelumnya tempat pelatihan yang dimaksud sudah ada ada ke BSD lalu Batam.

“Nanti kalau mengenai itu (pabrik),” jelasnya.

“Apple itu memproduksi apple academy. Jadi buat melatih SDM-SDM kita. Bagus, telah hampir 2000an,” imbuh Budi Arie.

Sebelumnya, pada debat capres-cawapres beberapa pada waktu lalu, isu perihal impor HP pada Tanah Air sempat dalam singgung. Saat ini, nilai impor HP di Indonesi tercatat mencapai Mata Uang Rupiah 30 triliun. Sementara itu, penanaman modal pabrik HP ke Indonesia belaka Rupiah 0,5 triliun.

Kala itu, Prabowo Subianto mengklaim dirinya selalu solutif dan juga fokus pada tindakan. Ia mengemukakan solusi permasalahan impor HP mudah, yakni dengan mengajukan permohonan vendor asing merancang pabrik ke Indonesia.

“Kalau memang benar cuma Rupiah 0,5 triliun (investasi produsen HP di di negeri) dan juga wajib kehendak kebijakan pemerintah ya bangun pabrik itu segera,” kata ia kala itu.

Selain Tim Cook, Satya Nadella selaku bos Microsoft dijadwalkan juga akan datang ke Indonesia. Kedatangannya tiga hari sebelum bos Apple yakni 17 April 2024 mendatang.

Untuk Nadella, pertemuannya akan jadi tindakan lanjut kerja serupa Kementerian Kominfo serta Microsoft beberapa waktu lalu. Termasuk akan membicarakan perihal pengiriman teknologi juga pengetahuan untuk metamorfosis Indonesia.

“Ya ngomongin bagaimana transaksi technology and knowledge buat perubahan struktural digital Indonesia. Melanjutkan yang dimaksud sudah ada kemarin kita bicarakan,” ungkapnya.

Dia menekankan tentang teknologi AI, yang mana juga diadopsi Microsoft terus akan berkembang. Jadi harus harus sejumlah kerja sebanding dengan pihak industri.

“Karena mau bukan mau kan artificial intelligence ini Artificial Intelligence ini akan terus berkembang, sehingga kita diperlukan berbagai kerja identik serta mengadopsi beraneka peserta global, harus kita kerja sama,” pungkas Budi.

Artikel Selanjutnya Pemilik Jadi Capres, Pabrik iPhone di dalam China Digerebek

Artikel ini disadur dari Bos Besar Apple Datang ke RI Bulan Depan, Ini Bocoran Menkominfo