Captain Fantastic! Bikin Gol di dalam Piala Asia, Asnawi Mangkualam Cetak Sejarah Bersama Timnas Indonesia

Captain Fantastic! Bikin Gol di dalam pada Piala Asia, Asnawi Mangkualam Cetak Sejarah Bersama Timnas Indonesia

Berita Bola Hari IniMelex.id Sepakan penalti dari Asnawi Mangkualam mengakibatkan Timnas Indonesia sementara unggul satu gol tanpa balas berhadapan dengan Vietnam pada laga matchday 2 Grup D Piala Asia 2023 pada Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Hari Jumat (19/1/2024) di malam hari WIB.

Bermula pada menit ke-40, pergerakan Timnas Indonesia, Rafael Struick di area di kotak penalti dilanggar oleh pemain Vietnam.

Wing-back andalan sekaligus kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam pun maju menjadi algojo penalti, kemudian mengarahkan bola ke sisi kanan kiper Filip Nguyen untuk menghadirkan Garuda sementara unggul satu gol tanpa balas pada laga penting ini.

BACA JUGA: Cetak Gol dari Titik Putih, Asnawi Mangkualam Bawa Timnas Indonesia Ungguli Vietnam dalam Babak Pertama

Tinta emas pun ditorehkan Asnawi Mangkualam dengan Timnas Indonesia di dalam pesta sepak bola akbar Piala Asia.

Bek timnas Indonesia #14 Asnawi Mangkualam melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama timnya dari titik penalti pada pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia pada Stadion Abdullah bin Khalifa di tempat Doha pada 19 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.
Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam mencetak gol ke gawang Vietnam pada laga Piala Asia 2023 dalam Stadion Abdullah bin Khalifa di tempat Doha, Qatar, hari terakhir pekan (19/1/2024) waktu malam WIB. [KARIM JAAFAR / AFP]

Pemain berusia 24 tahun itu mencatatkan rekor sebagai kapten Timnas Indonesia yang dimaksud berhasil mencetak gol di dalam satu edisi Piala Asia.

Sebelumnya pada edisi 1996, 2000, 2004 dan juga 2007, nama-nama macam Sudirman, Aji Santoso, Agung Setyabudi, hingga Ponaryo Astaman yang tersebut jadi skipper Timnas Indonesia tidaklah mencetak gol pada kompetisi yang dia ikuti sebagai kapten utama Garuda.

Ponaryo Astaman mencetak gol pada edisi 2004, namun gelandang legendaris ini baru jadi kapten Timnas Indonesia pada Piala Asia 2007.

BACA JUGA: Trio Penyerang Murni Timnas Indonesia Dicoret Lawan Vietnam, Keputusan STY Bikin Melongo

Asnawi Mangkualam sendiri saat ini jadi salah pemain dengan caps terbanyak di tempat skuad Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023. Ia sudah mengantongi 38 caps kemudian 2 gol.

Sumber : Suara.com