Berita  

CEK FAKTA: Anies Klaim SBY Lebih Sering Naikkan Gaji PNS Dibanding Jokowi, Benarkah?

CEK FAKTA: Anies Klaim SBY Lebih Sering Naikkan Gaji PNS Dibanding Jokowi, Benarkah?

Berita Terkini Hari IniMelex.id Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan menyatakan bahwa kenaikan penghasilan PNS, TNI kemudian Polri terjadi lebih banyak banyak pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dibandingkan dengan era Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Klaim itu disampaikan Anies ketika acara debat Capres ketiga pada Istora Senayan GBK, Jakarta, Mingguan (7/1/2024) malam.

Menurut Anies, bahwa TNI lalu Polri bekerja dengan baik di area lapangan sehingga perlu diberikan rasa hormat serta terima kasih. Namun, di area sisi kebijakan tambahan parah.

“Pada era Pak SBY, kenaikan penghasilan sembilan kali. Selama era ini, naik penghasilan belaka tiga kali. Nanti naik lagi tahun depan, kemungkinan besar sebab mau Pemilu,” kata Anies.

Kemudian, Anies juga menyinggung bahwa kesejahteraan prajurit TNI tiada dipikirkan dengan serius. Dia menyampaikan tunjangan kinerja masih tambahan rendah dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kemudian Kementerian PUPR.

Lantas benarkah klaim tersebut?

Dilansir dari dataindonesia.id, kenaikan penghasilan PNS yang dimaksud berarti termasuk TNI/Polri terjadi hampir setiap tahun pada masa pemerintahan SBY. Selama 2004-2014, cuma pada tahun 2005 dan juga 2006 tidaklah ada penaikan pendapatan PNS, TNI lalu Polri.

Sementara itu, Presiden Jokowi pertama kali meninggikan penghasilan PNS yakni pada 2015 sebesar 6%. Kemudian, ia juga meningkatkan upah PNS sebesar 5% pada 2019 kemudian 8% pada 2024.

Kemudian, kenaikan upah PNS diketahui setiap saat dilaksanakan pada tahun Pemilu. Penaikan itu terjadi sebesar 15% pada 2004, 15% (2009), 6% (2014), 5% (2019) dan juga 8% (2024).

Sumber : Suara.com