Berita  

CEK FAKTA: Klaim Prabowo 50% Alutsista Global Adalah Bekas, Serius?

CEK FAKTA: Klaim Prabowo 50% Alutsista Global Adalah Bekas, Serius?

Berita Terkini Hari IniMelex.id Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto menyatakan masalah pengadaan alutsista serta alat militer. Hal itu disampaikan oleh Prabowo pada Debat Capres ketiga di dalam Istora Senayan GBK, Jakarta, Hari Minggu (7/1/2024).

Ketika menjawab pertanyaan mengenai penanganan isu keamanan dalam Laut China Selatan, Prabowo menuding pernyatan Capres nomor 1 Anies Baswedan mengenai alutsista bekas menyesatkan.

“Jadi barang-barang bekas gitu menurut saya menyesatkan rakyat, itu pak bukan pantas oleh profesor ngomong gitu ya. Karena pada pertahanan 50 persen alat-alat pada mana pun adalah bekas sampai usianya masih muda, jadi enggak perlu terpencil di area masing-masing saja,” katanya.

Terkait pernyataan Prabowo persoalan alutsista bekas itu, dosen Hubungan Internasional Universitas Paramadina Prasetia Nugraha merujuk pada data Central Intelligence Agency (CIA) bahwa sebagian besar negara di tempat dunia khususnya negara tumbuh juga kurang berprogres memang sebenarnya menggunakan atau membeli alutsista bekas. Namun, untuk persentase spesifik perlu ditinjau tambahan jauh.

Sementara itu, dosen Asisten Ahli Hubungan Internasional lalu Hubungan Perekonomian Politik Internasional Universitas Tidar Bonifasius Endo Gauh Pertama juga menjelaskan bahwa Amerika Serikat (AS) sebagai negara produksi hasil pertahanan terbesar militer di area dunia setidaknya membutuhkan waktu 29 bulan untuk memproduksi keperluan domestik alutsista mereka.

Tidar bilang, apabila ada negara lain yang mana ingin membeli produksi AS, hal yang disebutkan harus melalui persetujuan DPR atau Kongres yang mana juga membutuhkan waktu yang digunakan lama.

“Seringkali, semata-mata alutsista bekas yang tersebut diizinkan untuk dijual ke negara lain kecuali ada pertimbangan lain. Oleh akibat itu, seringkali negara-negara pengimpor alutsista hanya saja mampu mendapatkan alutsista bekas yang mana masih layak pakai,” kata Bonifasius.

Hanya saja, ia mengumumkan bahwa klaim Prabowo mengenai 50% alutsista bekas yang digunakan dibeli tak bisa saja diverifikasi.

Sumber : Suara.com