Berita  

CEK FAKTA: Prabowo Klaim Utang Luar Negeri Rusia Dan Arab Saudi Di Bawah Indonesia, Benarkah?

CEK FAKTA: Prabowo Klaim Utang Luar Negeri Rusia Dan Arab Saudi Di Bawah Indonesia, Benarkah?

Berita Terkini Hari IniMelex.id Dalam acara debat capres di area Istora Senayan, Hari Minggu (7/1/2024), capres nomor urut 2, Prabowo Subianto mengatakan, utang luar negeri (ULN) negara Rusia lalu Arab Saudi terhadap item domestik bruto (PDB) masing-masing berada di area bawah Indonesia.

Berikut pernyataan Prabowo:

“Yang pada bawah kita (Indonesia) itu (ULN), Arab Saudi (dan) Rusia. Pokoknya negara-negara sumber alam yang mana luar biasa, tetapi 40% sekadar salah satu terendah,” kata Prabowo.

Berdasarkan penelusuran kelompok Cek Fakta Suara.com, klaim Prabowo bahwa utang luar negeri Rusia serta Arab Saudi terhadap item domestik bruto (PDB) masing-masing negara berada di dalam bawah Indonesia, adalah benar.

ULN Arab Saudi mencapai 24,8 persen terhadap Produk Domestik Bruto pada 2022. Kemudian Rusia mencapai 16,2 persen terhadap PDB.

Sementara Indonesia yang dimaksud dirilis pada 2022 mencapai 39,6 persen terhadap PDB. Kemudian berdasarkan data terbaru mencapai 28,9 persen pada triwulan III 2023.

Menteri Keuangan Sri Mulyani memaparkan kedudukan ULN Indonesia dan juga banyak negara lainnya Dalam paparan pada waktu Sidang Kabinet Paripurna di dalam Istana Kepresidenan, Jakarta, Awal Minggu 16 Januari 2023. Ia menyampaikan rasio ULN Indonesia cuma lebih banyak tinggi dari Arab Saudi lalu Rusia di tempat antara negara G20.

“Tercatat rasio utang pemerintah Indonesia sebesar 39,6 persen. Rasio utang RI tambahan rendah dari Korea Selatan yang dimaksud berada di area kedudukan keempat (54,1 persen). Namun, tambahan tinggi dari Arab Saudi (24,8 persen) kemudian Rusia (16,2 persen) yang mana menempati kedudukan pertama dengan utang paling kecil di area antara negara G20 lalu Asean,” demikian sebagaimana dimuat pada Bisnis.com di artikelnya pada Rabu 18 Januari 2023.

Artikel lengkapnya bisa jadi dibaca di dalam sini.

Sumber : Suara.com