Berita  

Charles Honoris Sebut Rencana 1 Desa 1 Puskesmas 1 Nakes Ganjar-Mahfud Realistis dan juga Memberikan Manfaat

Charles Honoris Sebut Rencana 1 Desa 1 Puskesmas 1 Nakes Ganjar-Mahfud Realistis kemudian juga Memberikan Manfaat

Berita Terkini Hari IniMelex.id Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDIP Charles Honoris mengapresiasi acara 1 Desa 1 Puskesmas 1 Nakes yang direncanakan oleh pasangan calon presiden (capres) dan juga calon duta presiden (cawapres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Menurut Charles, acara ini tiada belaka realistis, tetapi juga akan membantu publik menikmati hidup dengan lebih besar baik.

Dia mengungkapkan bahwa kondisi tubuh memiliki peran krusial di memungkinkan warga negara menikmati hidup sepenuhnya sebagai manusia.

Charles mengumumkan tanpa kesehatan, kegunaan dari sekolah gratis, makan gratis, juga bantuan sosial lainnya menjadi kurang bermakna.

“Apalah artinya sekolah gratis, makan gratis, bansos gratis, kalau warga negara negara sebagai penerimanya tiada sehat, akibat ketimpangan pelayanan kebugaran yang mana terjadi dalam Indonesia pada waktu ini,” kata Charles pada keterangannya, hari terakhir pekan (5/1/2024).

Lebih lanjut, beliau mengungkapkan jumlah keseluruhan penduduk Indonesia yang tersebut mencapai tambahan dari 270 jt jiwa yang mana berdasarkan rekomendasi dari World Health Organization (WHO), perlu memiliki rasio 1 dokter umum untuk setiap 1.000 penduduk.

“Menurut data Kementerian Bidang Kesehatan per Juni 2023, total dokter umum di dalam Indonesia sebanyak 159.977 atau masih kurang 118.000-an dokter umum apabila mengacu standar WHO,” ungkap Charles.

Direktur Representatif pada Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud ini menyoroti bahwa ketidaksetaraan layanan kondisi tubuh bukan hanya sekali disebabkan oleh kekurangan dokter, tetapi juga minimnya puskesmas sebagai sarana kebugaran utama di dalam masyarakat.

Ketimpangan Layanan Kesehatan

Saat ini, lanjut dia, jumlah total puskesmas pada seluruh Indonesia cuma mencapai 10.435 unit sehingga menyebabkan ketimpangan layanan kesehatan.

“Negara harus hadir di tempat setiap desa di wujud 1 puskesmas dan juga 1 tenaga kemampuan fisik (nakes). Pemerintahan Ganjar-Mahfud akan memulai pembangunan 49.344 puskesmas kelas C/puskesmas pembantu desa sampai 2029,” ujar Charles.

Selain itu, beliau menyatakan perlunya percepatan penerapan telemedicine juga layanan konsultasi keliling untuk mencakup wilayah-wilayah yang tersebut belum terjangkau oleh infrastruktur kesehatan.

Dia meyakini bahwa inisiatif kondisi tubuh Ganjar-Mahfud adalah langkah yang realistis serta tak dapat ditawar guna memenuhi hak konstitusional warga negara terhadap pelayanan kesehatan, yang mana pada akhirnya akan meningkatkan derajat hidup penduduk Indonesia.

“Program Ganjar-Mahfud: 1 Desa 1 Puskesmas 1 Nakes adalah acara realistis yang mana bukan mampu ditawar demi pemenuhan hak konstitusional warga negara menghadapi pelayanan kesehatan, yang dimaksud pada akhirnya dapat meningkatkan derajat hidup manusia Indonesia,” tutur Charles.

“Supaya setiap warga negara Indonesia tanpa terkecuali mampu menikmati sepenuhnya hidup sebagai manusia,” katanya.

Sumber : Suara.com