Danau Toba Asal Mula Peradaban Manusia, Hal ini Risetnya

Danau Toba Asal Mula Peradaban Manusia, Hal ini Risetnya

Jakarta – Sebuah penelitian menemukan Danau Toba menjadi dengan syarat mula peradaban manusia hingga penyebaran hidup di benua Afrika.

Letusan Toba pada waktu lampau disebut sangat dahsyat dibandingkan dengan Gunung Tambora. Kejadian itu melontarkan 2.000 kilometer kubik material.

Peristiwa alam yang disebutkan menyebabkan pendinginan pada beberapa tahun. Kabarnya mencapai 5 derajat celcius.

Berdasarkan teori yang digunakan beredar, letusan gunung berapi itu menghurangi populasi kurang dari 10 ribu jiwa. Fenomena itu berhubungan dengan hidup dalam Afrika berasal dari Curtis Marean dari Arizona State University.

Pendapatnya itu berdasarkan penggalian ke Afrika, khususnya Shifa-Metema 1 yang digunakan berada dalam tepian anak sungai Nil.

Tim Marean menemukan pecahan vulkanik kecil pada bekas tempat tinggal ketika itu. Bahkan ditemukan lapisan yang digunakan diendapkan.

“Studi ini mengonfirmasi hasil dari Pinnacle Point ke Afrika Selatan, letusan Toba kemungkinan besar mengubah lingkungan Afrika, namun penduduk beradaptasi dan juga bertahan pada inovasi lingkungan oleh sebab itu letusan tersebut,” kata Marean, dikutipkan dari IFL Science, hari terakhir pekan (22/3/2024).

Letusan Toba juga disebut menyebabkan musim kemarau ekstrem di bagian timur laut Afrika. Pada akhirnya rakyat wilayah yang dimaksud mencari sumber air baru.

“Saat kehabisan makanan pada pada dan juga sekitar sumber air pada musim kemarau, dia kemungkinan besar terpaksa pindah ke sumber air baru,” kata Professor John Kappelman.

Artikel ini disadur dari Danau Toba Asal Mula Peradaban Manusia, Ini Risetnya