Deretan Jenis Defisiensi Nutrisi yang Dapat Berpengaruh pada Perilaku Mood Swing

Deretan Jenis Defisiensi Nutrisi yang mana Dapat Berpengaruh pada Perilaku Mood Swing

Berita Terkini Hari IniMelex.id Jakarta – Perubahan suasana hati atau mood swing merupakan hal yang digunakan bisa saja terjadi pada setiap orang, baik yang muda ataupun tua. Meskipun ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan pembaharuan mood swing, faktor pola makan juga dapat berperan. 

Percaya atau tidak, defisiensi dari beberapa jumlah nutrisi dapat memengaruhi kondisi mental, menghasilkan Anda menjadi tambahan mudah tersinggung dan juga mood swing. Berikut lima jenis kekurangan nutrisi yang mana dapat memengaruhi suasana hati. 

Vitamin B

Vitamin kuat ini memainkan peran penting di produksi neurotransmitter, pembawa instruksi kimiawi di tempat otak yang berperan mengendalikan emosi. Jika tubuh kekurangan B1, B6, atau B12, Anda mngkin dapat merasa stres, mudah tersinggung, atau lelah. Makanlah sayuran berdaun hijau, biji-bijian, protein tanpa lemak, lalu telur untuk mendapatkan banyak vitamin B. 

Magnesium

Menurut Archana Singhal, konselor, terapis keluarga, pendiri Mindwell Counsel, “Elemen di nutrisi ini bekerja seperti obat penenang alami, menenangkan sistem saraf juga meningkatkan relaksasi. 

Ketika kadar magnesium Anda turun, Anda mungkin saja merasa cemas, depresi, atau bahkan mudah tersinggung. Biji labu, almond, coklat hitam, dan juga sayuran hijau adalah teman kaya magnesium di perjuangan melawan perubahan.” Demikian menurut aahli terapis keluarga Archana Singhal dikutipkan dari Times of India.

Zat besi

Mineral penting ini membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak. Ketika kadar oksigen turun, suasana hati juga menurun, sehingga menyebabkan kelelahan, mudah tersinggung, juga bahkan depresi. Bayam, buncis, lentil, lalu daging merah tanpa lemak dapat membantu menormalkan kadar zat besi.

Omega-3

Asam lemak ini seperti sinar matahari bagi otak. Nutrisi ini memainkan peran penting di mengendalikan emosi kemudian mengempiskan rasa sakit. Oleh lantaran itu, jikalau Anda sensitif, penting untuk menurunkan konsumsi omega-3. Ikan berminyak seperti salmon dan juga tuna, kenari, lalu biji rami adalah contoh makanan yang dimaksud tinggi Omega-3.

Vitamin D

Vitamin ini tak semata-mata meningkatkan kekuatan tulang, tetapi juga memainkan peran penting di pengelolaan emosi, mood swing serta pengurangan stres. Bila hal ini tiada terjadi, Anda akan merasa cemas serta tertekan. Habiskan waktu di dalam bawah sinar matahari pagi, makan makanan kaya vitamin D seperti telur serta ikan berminyak, atau pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen untuk membantu menjaga mood Anda.

Pilihan editor: Perubahan Suasana Hati Mood Swing juga Gangguan Bipolar Berlainan, Apa Bedanya?