Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri Minta Klub Kompetisi 1 juga Kompetisi 2 Perkuat Pembinaan Talenta Muda

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri Minta Klub Kompetisi 1 juga Kompetisi 2 Perkuat Pembinaan Talenta Muda

Berita Terbaru Hari IniMelex.id Jakarta – Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, yang digunakan juga menjadi instruktur timnas U-20 Indonesia, memohon klub Turnamen 1 lalu Kompetisi 2 meningkatkan kekuatan upaya menjaring talenta muda untuk pembinaan di memperkuat sepak bola Tanah Air. Ia berharap hal itu dapat membantu regenerasi pemain. 

“Tim scouting klub Kejuaraan 1 atau minimal Kejuaraan 2 dapat memantau talenta muda untuk dibina di tempat klub mereka,” kata ia pada sela-sela pelaksanaan kompetisi Barati Cup 2024 di area Kota Gianyar, Bali, Minggu, 3 Maret 2024.

Indra yang mana pernah menangani klub Kejuaraan 1, Bali United, selama dua tahun, 2015-2017, menjelaskan ada lima pilar yang mana harus dilaksanakan untuk membantu perkembangan sepak bola Indonesia. Ia mengatakan perbaikan infrastruktur, kurikulum sepak bola, pengembangan pembimbing baik dari segi kualitas juga kuantitas, pengembangan pemain juga kompetisi.

Menurut dia, pembinaan diadakan oleh sekolah sepak bola (SSB) serta regu instruktur klub sepak bola itu. Ada pun penyelenggaraan kompetisi, kata dia, dapat berkualitas apabila empat pilar sebelumnya itu juga berkualitas.

“Misalnya ini lapangan berkualitas, anak-anak main nyaman, kedua cara mainnya telah jelas terlihat akibat instruktur juga bagus dan juga kami harap pemain yang dimaksud muncul kualitasnya lebih banyak baik dari sebelumnya,” ucapnya.

Selain itu, ia juga berharap klub Kompetisi 1 juga Kejuaraan 2 juga memantau kompetisi yang tersebut disertai oleh bakat muda, salah satunya Barati Cup 2024 yang dimaksud berlangsung 2-5 Maret 2024 di area Pemusatan Latihan Bali United Pantai Purnama, Daerah Gianyar, Bali.

Dalam kesempatan itu, ia juga memuji infrastruktur latihan sepak bola yang dimiliki Bali United. Di pusat latihan itu, terdapat sembilan lapangan lalu pusat kebugaran/fitnes di area pinggir pantai juga kawasan persawahan.

Sementara itu, Bali United juga mempunyai kegiatan khusus menjaring bakat muda yang tersebut mencakup tiga inisiatif utama yakni kelas pembinaan, pertandingan muda di tempat antaranya untuk usia sembilan tahun (U9) U11, U13, U15, juga U18 serta kesempatan mengikuti seleksi pemain muda atau Bali United Youth.

Sejumlah pemain jebolan Bali United Youth pada waktu ini menjadi pemain profesional baik dalam Bali United dan juga klub lainnya dalam tanah air di area antaranya Made Andhika Wijaya, Kadek Agung Widnyana Putra, Komang Tri Arta Wiguna, Made Tito Wiratama, Kadek Arel Priyatna, Rahmat Arjuna.

Kemudian, I Gede Sunu Jyesta Wibawa, I Gede Agus Mahendra, Rakasurya Handika, Komang Aryantara, dan juga I Nyoman Adi Wirya Tama dan juga pemain lain yang mempunyai karier baru dengan klub profesional lainnya.

Sumber : Tempo.co