Dua Mayor Kondang: AHY lalu Ajudan Prabowo Mayor Teddy Indra Wijaya

Dua Mayor Kondang: AHY lalu Ajudan Prabowo Mayor Teddy Indra Wijaya

Berita Terbaru Hari IniMelex.id Jakarta – Dua sosok mayor menjadi topik pencarian trending baru-baru ini. Sosok yang disebutkan adalah Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY yang tersebut baru cuma dilantik menjadi Menteri Agraria Tata Ruang juga Badan Pertanahan Negara  (Menteri ATR/BPN) dan juga Mayor Teddy Indra Wijaya ajudan Menteri Defense Prabowo Subianto yang menjadi sorotan sepanjang kampanye Prabowo-Gibran pada momen pemilihan 2024. 

Profil AHY

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), putra sulung Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), memutuskan untuk meninggalkan TNI Angkatan Darat pada bulan September 2016 demi mengejar karier politiknya. Dia resmi mengakhiri dinasnya dengan pangkat Mayor, meskipun pada awalnya dijanjikan kenaikan pangkat menjadi Letnan Kolonel oleh Jenderal Gatot Nurmantyo, Panglima TNI ketika itu.

Tahun 2017 bertepatan dengan turnamen Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta, AHY mundur dari puncak karier militernya dengan pangkat terakhir Mayor Infanteri, serta memutuskan terjun ke panggung urusan politik nasional. Meskipun sempat dijanjikan kenaikan pangkat, keputusannya untuk mundur dari TNI memungkinkan beliau untuk mengejar aspirasi politiknya. 

Langkah ini menandai awal perjalanan politiknya yang kemudian membawanya menjadi salah satu figur utama pada kebijakan pemerintah Indonesia, khususnya setelahnya terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat pada 2020.

Mayor Teddy Indra Wijaya. X.com/Fahri Hamzah

Profil Mayor Teddy

Dilaporkan dari situs tniad.mil.id, Teddy Indra Wijaya adalah salah satu prajurit terbaik TNI AD yang digunakan pernah menerima penghargaan bergengsi dari pasukan elit Angkatan Darat Amerika Serikat.

Diketahui Teddy berhasil memperoleh kualifikasi Pasukan Elit US Army Ranger pada  2020. Penghargaan ini diberikan untuk prajurit militer angkatan darat terpilih setelahnya berhasil menyelesaikan sekolah pasukan paling elit di tempat Angkatan Darat Negeri Paman Sam untuk menjadi lulusan US Army Ranger bagi Resimen Ranger ke-75.

Setiap prajurit harus melintasi rangkaian tes selama 5 bulan penuh yang meliputi kemampuan individu di fisik, navigasi darat, Ranger Tactical Test yang mana diuji pada tahap RAP Week, juga penilaian Leadership in Patrol, Peer evaluation.

Teddy berhasil meraih predikat International Honor Graduate pada antara 185 perwira siswa (171 perwira Amerika dan juga 14 perwira asing).

Penghargaan yang digunakan diterima Teddy ini jarang dimiliki oleh anggota TNI lainnya. Beberapa perwira TNI AD yang mana berhasil lulus dari Ranger School antara lain Jenderal TNI Purn SBY, Letjen TNI Purn Hotmangaraja Panjaitan, Letjen TNI Purn Nugroho Widyatomo, Letjen TNI Purn Syaiful Rizal, juga beberapa perwira muda yang dimaksud merupakan generasi penerus.

Teddy lulus dari akademi militer pada 2011. Awal kariernya dimulai sebagai perwira pertama Korps Baret Merah. Ia juga pernah menjadi ajudan Presiden Joko Widodo. Saat ini, Mayor Teddy menjabat sebagai ajudan Menteri Defense Prabowo Subianto.

Pangkat mayor di TNI

Pangkat Mayor di TNI adalah pangkat perwira tingkat menengah paling rendah, yang dimaksud biasanya dijabat oleh individu komandan. Pangkat ini berada dalam berhadapan dengan Kapten juga di tempat bawah Letnan Kolonel pada hierarki kemiliteran. Pada masa kolonial, pangkat Mayor di Hindia Belanda diberikan terhadap satu-satunya pribumi, yaitu Urip Sumohardjo, yang tersebut kemudian naik pangkat menjadi Mayor Jenderal ketika pertempuran kemerdekaan Indonesia.

Pangkat Mayor di TNI ditandai dengan lambang satu bunga melati, yang dikenakan pada pakaian dinas upacara dan juga harian dengan warna emas, dan juga di pakaian dinas lapangan dengan warna hitam. Proses kenaikan pangkat dari Kapten ke Mayor di TNI melibatkan penilaian terhadap masa dinas prajurit, pada mana kenaikan pangkat secara reguler dijalankan setiap 1 April lalu 1 Oktober.

Mayor merupakan pangkat di kemiliteran perwira tingkat menengah (golongan IV) paling rendah. Pangkat itu setingkat di tempat melawan Kapten kemudian setingkat di area bawah Letnan Kolonel dan juga biasanya berkedudukan sebagai komandan. 

Berdasarkan PP No. 16 Tahun 2019, penghasilan pokok orang Mayor berkisar Simbol Rupiah 3.000.100 hingga Simbol Rupiah 4.930.100 per bulan (Rp 3 jt hingga Simbol Rupiah 4,93 jt per bulan. Perbedaan penghasilan yang disebutkan ditentukan oleh masa kerja golongan 0-32 tahun atau dikenal dengan istilah MKG, seperti halnya yang mana berlaku pada upah Pegawai Negeri Sipil (PNS).

MICHELLE GABRIELA  | HENDRIK KHOIRUL MUHID | RISMA DAMAYANTI | ADE RIDWAN YANDWIPUTRA | DANIEL A FAJRI