Berita  

Duh! Pandji Pragiwaksono Sebut Anak Jokowi Bodoh Gak Tahu Orba

Duh! Pandji Pragiwaksono Sebut Anak Jokowi Bodoh Gak Tahu Orba

Berita Terkini Hari IniMelex.id Komika Pandji Pragiwaksono berikan komentar pedas untuk salah satu Presiden Jokowi yang digunakan juga ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep.

Pandji yang hadir sebagai bintang tamu Youtube Kemal Pahlevi mengungkapkan Kaesang ‘bloon’ jikalau ia berikan komentar bahwa dirinya tiada tahu Orde Baru (Orba) oleh sebab itu masih kecil.

“Gw ngerti kenapa orang gak paham Orba itu seperti apa,” ungkap Pandji seperti dikutip, Kamis (22/2).

“Kaesang kan buktinya. Kaesang terang-terangan ngomong lagi,” timpal Kemal.

“Itu mah Kaesang bloon aja. Gak mungkin, orang PSI gak kemungkinan besar gak ada yang tersebut sependapat sebanding gw. Yakin gw. Gw yakin ada orang PSI yang dimaksud ngomomg ketua umum gw bloon kalo ia ngomong, saya belum lahir, saya gak ngerti Orba,” jelas Pandji.

Menurut Pandji, sebagai ketua umum partai, Kaesang tak bisa saja melakukan komunikasi kebijakan pemerintah seperti itu di dalam depan publik. Pandji juga ungkap pengetahuan serta pemikirannya bagaimana rezim Orba berkuasa di tempat negara ini.

Pandji mengungkapkan bahwa tiada perlu tahu secara detail seperti apa keburukan Orba itu cukup meninjau bagaimana proses penurunan Soeharto diturunkan pada aksi Reformasi 1998.

“Lu gak perlu tahu seberapa buruk Soeharto, lihat aja bagaimana ia diturunkan. Kalau ia diturunkan segitunya, berati ada yang mana salah kan,” kata Pandji.

Di kanal Youtube Kemal itu, Pandji juga memberikan sudut pandangnya mengenai banyak dugaan kecurangan di dalam Pilpres 2024.

Pada November 2023, Kaesang memberikan respon terkait pernyataan ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang mengungkapkan pemerintahan ayahnya seperti Orde Baru.

“Saya enggak tahu, maksudnya definisi seperti Orde Baru itu seperti apa dulu? Karena saya sendiri ‘kan saya tidaklah mengalami. Karena waktu itu saya masih umurnya kecil, jadi saya enggak mengalami,” kata Kaesang di dalam Kawasan Menteng, DKI Jakarta dikutipkan dari Antara.

Di sisi lain, Kaesang meyakinkan bahwa pemerintahan Presiden Joko Widodo juga Wakil Presiden Ma’ruf Amin ketika ini berbeda dibandingkan dengan masa Orde Baru.

“Teman-teman semua saya katakan, di dalam medsos (media sosial) ngomong sesuatu menghina Pak Presiden ditangkap enggak?” tanya putra bungsu Presiden Jokowi itu.

Walaupun demikian, Kaesang menjelaskan kembali bahwa di tempat masa pemerintahan Jokowi-Ma’ruf bukanlah seperti Orde Baru, kecuali seseorang yang disebutkan telah terjadi menghina terlalu jarak jauh atau kelewat batas.

“Oke ditangkap ketika menghina terlalu jauh, tetapi apakah sebuah forum diskusi atau apa yang tersebut namanya, sampai ada orang yang digunakan menangkap atau melakukan seperti itu? Apakah ada? Enggak ada toh?” tanya Kaesang.

Sumber : Suara.com