East Ventures Cari Startup Iklim serta Kesehatan, Buat Inisiatif Hal ini

East Ventures Cari Startup Iklim dan juga Kesehatan, Buat Inisiatif Hal ini

Jakarta – Sepanjang tahun lalu, East Ventures melirik mengenai permasalahan inovasi iklim juga juga kesehatan. Untuk menanganinya, venture capital yang dimaksud memproduksi beberapa jumlah inisiatif bekerja identik dengan beragam pihak.

Misalnya dengan Temasek, East Ventures bekerja identik menimbulkan Climate Impact Innovations Challenge (CIIC). Kompetisi pitching terkait mengatasi hambatan mitigasi lalu ekologis pembaharuan iklim ini memberikan total hadiah Simbol Rupiah 10 miliar.

“Tujuannya mampu membantu lebih tinggi banyak perusahaan yang tersebut menggerakkan climate lalu sustainability,” kata Partner East Ventures, Melisa Irene, Rabu (21/3/2024).

Khusus untuk tahun ini akan ada tiga trek, yakni terkait transisi energi, pertanian yang berkelanjutan, dan juga ekonomi sirkuler.

Selain itu, East Ventures juga memiliki inisiatif untuk menghitung emisi perusahaan bernama Ecovisea. Inisiatif ini hasil kerja sejenis dengan WRI Indonesia serta Climatiq.

Untuk mengaksesnya, tinggal masuk ke website resminya tak lama kemudian menyebabkan akun. Perhitungan emisi ini sanggup dikerjakan secara gratis.

“Harapannya company mau report, bingung tindakan gimana. Mau bayar consultant mahal banget. Hal ini gratis, tinggal bikin account serta emission dihitung,” jelas Melisa.

East Ventures juga menghasilkan dua inisiatif dalam bidang kesejahteraan yang bekerja serupa dengan Kementerian Kesehatan. Salah satunya adalah menerbitkan white paper “Genomics: Leapfrogging into the Indonesian healthcare future”.

Selain itu juga ada inisiatif BGSI atau Biomedical & Genome Science Initiative. East Ventures juga meluncurkan Healthcare fund, salah satu pendanaan yang mana direalisasikan tahun lalu.

“Meluncurkan healthcare fund US$ 30 juta, untuk membantu pengembangan di dalam perusahaan yang tersebut bergerak dalam bidang kesehatan. Akhir tahun setelah itu support BGSi, untuk mendirikan genomic bank ke Indonesia memberikan donasi serta kerjasama Kemenkes dengan Nalagetics,” kata Melisa.

Melisa menjelaskan startup yang mana bisnisnya terkait dampak inovasi iklim atau kesejahteraan memerlukan penanganan yang dimaksud berbeda dari startup di bidang lainnya.

Ia menjelaskan East Ventures tidaklah memberikan persyaratan atau jangka waktu penanaman modal yang digunakan berbeda untuk startup di kedua bidang tersebut. Namun, East Ventures menyediakan dukungan yang digunakan lebih tinggi lengkap, misalnya lewat kegiatan akselerator.

Program akselerator yang dimaksud disediakan agar pendiri startup kesehatan, sains, atau bidang pembaharuan iklim lebih lanjut menyadari isu regulasi dan juga industri lewat diskusi dengan pengambil kebijakan atau ahli pada bidang tertentu.

Artikel Selanjutnya Video: Penanam Modal Waspadai Badai PHK 2024, Nasib Startup Terancam?

Artikel ini disadur dari East Ventures Cari Startup Iklim dan Kesehatan, Buat Program Ini