Frugal Living: Pengertian dan juga Cara Menerapkannya

Frugal Living: Pengertian dan juga juga Cara Menerapkannya

Berita Terkini Hari IniMelex.id Jakarta – Tren frugal living sedang populer di dalam kalangan anak muda. Frugal living adalah penerapan gaya hidup hemat sesuai kebutuhan.

Di sedang gempuran gaya hidup hedonisme, banyak orang mulai aware untuk mempersiapkan masa depan dengan menerapkan gaya hidup frugal living.

Meskipun menerapkan frugal living, tidak berarti hidup sangat hemat bahkan pelit terhadap diri sendiri, melainkan membeli suatu barang yang tersebut dibutuhkan atau yang tersebut penting saja.

Jika Anda tertarik untuk menerapkan gaya hidup frugal living ini, berikut pengertian juga cara menerapkannya yang digunakan tepat. 

Apa Itu Frugal Living?

Berdasarkan arti masing-masing kata, frugal artinya hemat sedangkan living berarti gaya hidup. Melihat pemahaman secara konteks tersebut, maka bisa jadi disebutkan bahwa frugal living adalah gaya hidup hemat .

Lebih lanjut lagi, pengertian tentang frugal living merupakan gaya hidup individu di mengatur keuangan dengan tepat dan juga bijak untuk masa depan, di area mana dia menetapkan skala prioritas pengeluaran, sehingga barang-barang yang tersebut dibeli benar-benar sesuai kebutuhan.

Dengan begitu, mau sebanyak apapun pemasukan bulanan Anda, maka Anda tetap saja bisa jadi menabung lantaran kurangnya perilaku konsumtif. Namun perlu digarisbawahi bahwa frugal living tidak berarti pelit.

Adapun prinsip hidup yang digunakan bisa saja diterapkan untuk menerapkan frugal living dalam antaranya sebagai berikut:

  • Beli barang sesuai kebutuhan.
  • Hindari kebiasaan boros.
  • Cari alternatif barang dengan nilai yang tersebut lebih banyak murah.
  • Evaluasi perencanaan dan juga kebiasaan finansial.
  • Jaga keseimbangan finansial.

Cara Menerapkan Frugal Living

1. Rancangan Financial Plan Realistis lalu Akurat

Langkah awal untuk menerapkan frugal living adalah merencanakan financial plan tambahan realistis lagi dengan menggunakan persentase-persentase khusus. 

Misalnya, untuk keinginan primer berapa persen, sekunder berapa persen, untuk tabungan lalu pembangunan ekonomi berapa, dan juga untuk cicilan bila ada harus dimaksimalkan persentase bulanannya.

2. Terapkan Skala Prioritas

Dari daftar perencanaan permintaan yang digunakan telah disusun sebelumnya, pertimbangkan kembali berdasarkan skala prioritas. Mana yang termasuk skala primer, sekunder, atau hanya sekali cuma hiburan.

Kebanyakan perilaku pemborosan terjadi lantaran Anda merasa tenang mengawasi kenyataan mendapatkan penghasilan rutin bulanan dengan total yang dimaksud telah jelas. Namun, lupa untuk mengelolanya dengan benar sehingga sulit menghilangkan kebiasaan boros itu.

3. Cari Alternatif Sistem Murah, Bisa dengan Promo

Jangan malu bila membeli hasil atau jasa dengan menggunakan promo atau diskon. Bukan oleh sebab itu Anda tiada mempunyai uang melainkan Anda sanggup mengurus keuangan sehingga dapat menekan pengeluaran lalu meningkatkan posko tabungan kemudian investasi.

Mencari alternatif barang hemat bisa saja juga mencakup penyelenggaraan komoditas yang tersebut lebih tinggi hemat dibandingkan hasil yang digunakan Anda gunakan pada waktu ini.

4. Jangan FOMO

Fear of Missing Out atau FOMO merupakan rasa takut ketinggalan tren lalu zaman yang mana sedang terjadi. Selain frugal living, istilah FOMO juga sedang tren ketika ini di tempat kalangan anak muda.

Saat Anda merasa takut untuk tiada mampu membeli komoditas tertentu misalnya membeli tas, atau merasa ketinggalan zaman bila tidak ada datang ke kafe atau restoran tertentu maka Anda sudah ada termasuk ke pada istilah FOMO.

FOMO ini yang menciptakan anak muda sulit menerapkan frugal living lantaran rasa ingin diterima oleh circle atau untuk meningkatkan lalu mempertahankan status kemudian hidup sosial sehingga Anda memaksakan diri untuk terus mengikuti tren yang mana sedang terjadi. Jika itu terjadi maka gaya hidup hemat akan sulit terjadi.

5. Jangan Utang

Cara penerapan frugal living yang terakhir adalah hindari kebiasaan utang. Apabila pada waktu ini memiliki utang maka prioritaskan terlebih dulu untuk melunasi utang. 

Jika sudah ada lunas serta tak ada utang maka jangan pernah mengambil utang untuk hidup kebebasan finansial dalam masa depan.

Nah, itulah pengertian frugal living adalah gaya hidup hemat dan juga cara untuk menerapkannya di dalam keberadaan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

HERZANINDYA MAULIANTI

Pilihan Editor: 7 Tips Menerapkan Frugal Living untuk Karyawan Swasta Millennial serta Gen Z, Hindari FOMO