Ganjar Janji Prioritaskan Penguraian UMKM kemudian Koperasi Jadi Soko Guru Perekonomian Nasional

Ganjar Pernyataan Prioritaskan Penguraian UMKM kemudian Koperasi Jadi Soko Guru Perekonomian Nasional

Berita Politik Hari IniMelex.id SUKOHARJO – Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3 yang tersebut diusung Partai Perindo, Ganjar Pranowo berjanji untuk memprioritaskan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kemudian Koperasi. Keduanya, menurut mantan Gubernur Jawa Tengah itu merupakan soko guru perekonomian nasional.

Ganjar pun berjanji akan membereskan persoalan dan juga berupaya mengembangkan UMKM lalu koperasi pada tingkat nasional.


“Jadi kalau kita mau bicara pertumbuhan sektor ekonomi ada kekuatan perekonomian kecil yang digunakan sebenarnya bisa jadi menjadi booster untuk mengambil bagian membantu tumbuhnya ekonomi,” ujar Ganjar dalam sela-sela kunjungan pada Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (26/12/2023).

Menurut Ganjar, seharusnya perhatian pemerintah tidaklah cuma terhadap proyek besar. Namun juga turut mengurusi UMKM sebagai kekuatan riil masyarakat.

“Jadi kalau kami ditanya optimistis sektor ekonomi meningkat 7%, sangat. Karena tidaklah belaka mengurus yang tersebut besar-besar, tapi yang kecil juga berbagai ini (UMKM) kekuatan riil masyarakat, dalam desa bisa saja berbasis pertanian, pesisir mampu dari sektor nelayan,” jelasnya.

Untuk pengembangan UMKM serta koperasi pada tingkat nasional, pasangan Ganjar-Mahfud sudah pernah mempunyai strategi kebijakan tersendiri. Dalam 21 Inisiatif Sat Set untuk mewujudkan ‘Indonesia Sehat, Terampil dan juga Berdaya’, Ganjar-Mahfud mempunyai 10 Rencana Indonesia Berdaya.

Di dalamnya memuat acara Mudah Berusaha, yang dimaksud fokus pada UMKM serta wirausaha, dengan target ‘8 Juta Pengusaha Mikro Maju’.

Program ‘8 Juta Pengusaha Mikro Maju’ itu dirancang untuk membantu perkembangan dan juga penyelenggaraan UMKM serta koperasi di tempat Indonesia melalui sarana kemudahan mencoba dari segi reformasi regulasi termasuk pelatihan. Inisiatif ini memverifikasi kepastian hukum, modal usaha yang lebih besar besar, lalu pelatihan kemudian bantuan masuk ke lingkungan ekonomi ekonomi.

Caranya, mulai dari perapihan juga pembentukan ‘Satu Fakta Indonesia’ yang mana mempunyai semua informasi UMKM serta koperasi di area Tanah Air. Lalu, meyingkatkan juga mempermudah proses pendaftaran UMKM kemudian Koperasi di dalam Online Single Submission (OSS) melalui kerjas ama BUMN, BUMD, BUMDes.

“Mulai dari perizinan yang mana lebih lanjut dimudahkan lalu disederhanakan, artinya pada waktu ini OSS (Online Single Submission/perizinan online satu atap) akan disempurnakan agar lebih lanjut mudah untuk UMKM kemudian koperasi,” katanya.

Sumber : Sindonews.com