Gempa Viral di Media Massa Sosial, Netizen Berbagi Video Seram serta Lucu

Gempa Viral di Media Massa Massa Sosial, Netizen Berbagi Video Seram juga Lucu

Jakarta, CNBC Indonesia – Gempa yang dimaksud bersumber dari Laut Jawa menghasilkan netizen heboh, dari Surabaya sampai Jakarta. Para netizen berbagi gambar serta video di dalam media sosial X dengan komentar-komentar yang dimaksud beragam.

Gempa bumi dangkal menghantam wilayah Tuban, Jawa Timur sejak pukul 11.22 Waktu Indonesia Barat tadi, Hari Jumat (22/3/2024). Gempa dilaporkan terasa sampai Jakarta, bahkan Banjarmasin. Informasi BMKG menunjukkan, area gempa ada ke 5.74 LS 112.32 BT dengan kedalaman 10 km. Tepatnya berlokasi pada laut pada jarak 126 Km arah Timur Laut Tuban, Jawa Timur.

Pada guncangan pertama, kekuatan gempa tercatat mencapai M6. Dijelaskan, jenis gempa adalah gempa tektonik akibat adanya aktivitas sesar bergerak di dalam laut Jawa. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).

Hingga pukul 11.50 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan M4,4.

Namun, pada pukul, gempa M6,5 kembali mengguncang wilayah Tuban. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5,92° LS ; 112,35° BT, atau tepatnya berlokasi dalam laut pada jarak 114 Km arah Timur Laut Tuban, Jawa Timur pada kedalaman 12 km.

Netizen pun padat membicarakan gempa pada media sosial. Mereka heboh bercerita masalah pengalamannya harus buru-buru jalan dari lantai tinggi pada struktur bertingkat hingga peristiwa selama gempa, mulai dari kucing yang digunakan terlihat santai hingga air kolam yang digunakan bergoyang kencang.

Seorang netizen membagikan video kolam dalam rumahnya pada waktu gempa mengguncang. Tampak air di di kolam yang dimaksud bergoyang seperti ombak di dalam laut.

[Gambas:Twitter]

Pengguna X lain membagikan video pribadi anak kecil tanpa sehelai pakaian marah menyusul ibunya yang tersebut meninggalkan rumah ketika gempa, padahal ia sedang mandi.

[Gambas:Twitter]

Seorang netizen membagikan video menara proyek konstruksi yang dimaksud sedang mendirikan kompleks pencakar langit bergoyang kencang akibat gempa.

[Gambas:Twitter]

Ada juga beberapa netizen yang membagikan Jembatan Suramadu bergoyang kencang lantaran gempa.

[Gambas:Twitter]

Berikut unggahan para netizen soal gempa yang dimaksud meramaikan media sosial X.

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]

Artikel Selanjutnya Heboh Gempa Sukabumi Awal Gunung Salak Erupsi, Ini adalah Kata Ahli

Artikel ini disadur dari Gempa Viral di Media Sosial, Netizen Berbagi Video Seram dan Lucu