Gibran Dinilai Masih Jauh dari Kesantunan lalu Kebaruan Gagasan

Gibran Dinilai Masih Jauh dari Kesantunan lalu Kebaruan Gagasan

Berita Politik Hari IniMelex.id JAKARTA – Direktur Algoritma Research and Consulting, Aditya Pertama memberikan catatan untuk Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka pada debat cawapres beberapa waktu lalu. Menurutnya, Gibran masih perlu memoles gaya komunikasi kebijakan pemerintah kemudian mimik wajah.

“Hal yang mana perlu dipoles tentu gaya komunikasi kebijakan pemerintah lalu mimik ya yang mana perlu diperkuat agar terkesan tidaklah meremehkan, merendahkan, melecehkan lawan debatnya,“ ujar Aditya, Selasa (26/12/2023).

Baca juga: Pakai Istilah Mancanegara ketika Debat Cawapres, Gibran Dinilai Ingin Dianggap Pandai

Aditya menilai Gibran belum cukup menunjukkan sikap santun, dilihat dari ekspresi wajahnya.

“Dia sudah ada melakukan itu dengan beberapa cara yang dimaksud memang sebenarnya telah sopan. Tetapi menurut saya tidaklah cukup akibat di debat cara bertanya lalu merespons juga bisa saja ditunjukkan dari emosi muka kemudian gesture tubuhnya,” jelasnya.

Dosen Bidang Studi Politik Fisip Universitas Indonesia ini juga menilai tak ada gagasan baru juga besar yang dimaksud diutarakan Gibran.

“Sebenarnya dari sisi ide lalu gagasan besar apa yang disampaikan oleh Gibran tidak ada ada yang digunakan baru hanya saja sekadar melanjutkan saja, padahal kita juga ingin tahu apa semata yang baru dari Prabowo juga Gibran,” ungkap Aditya.

Selain itu, Aditya meninjau Gibran terlalu melekatkan dirinya dengan sang ayah, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Gibran terlalu melekatkan dirinya dengan Jokowi ini yang tersebut sedang dioptimalkan kelihatannya oleh paslon 2 tapi akan menjadi bumerang ke depan bagi pemilih kritis,” paparnya.

Namun, kata dia, masih ada kalangan pemilih yang digunakan mengawasi kualitas, gagasan kemudian program, ketimbang beliau anak siapa dan juga melanjutkan suksesi apa. Jadi, Gibran masih beruntung lantaran mempunyai pengalaman sebagai kepala tempat serta pelaku bisnis sehingga penguasaan materinya lumayan.

Sumber : Sindonews.com