Gokil! Startup Hal ini Bangun Pesawat Raksasa, Bisa Muat 3 Kolam Renang

Gokil! Startup Hal ini Bangun Pesawat Raksasa, Bisa Muat 3 Kolam Renang

Jakarta – Perusahaan rintisan jika Amerika Serikat bernama Radia, berencana menyebabkan pesawat paling besar di dalam bola yang tersebut bahkan dapat menampung 3 kolam renang kelas Olimpiade. Akan tetapi, pesawat ini dibangun bukanlah untuk tujuan komersial mengangkut penumpang.

Radia merupakan perusahaan start-up selama Colorado, Amerika yang digunakan melakukan pergerakan ke bidang energi baru dan juga terbarukan. Lini bisnisnya adalah menyebabkan turbin angin untuk pembangkit tenaga listrik. Belakangan ini, Radia ingin membangung turbin angin yang lebih banyak besar.

Dikutip dari cnn.com pada Hari Sabtu (23/3/2024), mereka itu meyakini baling-baling yang dimaksud lebih besar besar memberikan tambahan berbagai manfaat, seperti produksi listrik yang mana lebih banyak besar. Namun masalahnya adalah transportasi darat tak mungkin saja bisa saja mengakibatkan baling-baling raksasa itu dari pabrik menuju tempat instalasi.

Maka itu, Radia mengusulkan untuk memproduksi WindRunner, sebuah pesawat terbesar pada sejarah umat manusia. Pesawat ini akan didesain untuk bisa saja mengantarkan secara langsung bilah baling-baling sepanjang 100 meter ke tempat pemasangan. 

Pesawat ini diklaim cuma butuh 1,8 kilometer landasan pacu untuk terbang maupun mendarat.

Pesawat terbesar di globus Radia WindRunner airplane. (Dok. Radia)Foto: Pesawat terbesar ke bola Radia WindRunner airplane. (Dok. Radia)
Pesawat terbesar di dalam bola Radia WindRunner airplane. (Dok. Radia)

Spesifikasi

WindRunner akan miliki ukuran ruang kargo sebesar 272.000 kaki kubik, cukup untuk menampung tiga kolam renang Olimpiade. Volume yang dimaksud 12 kali lipat ukuran Boeing 747-400, salah satu pesawat komersial yang tersebut beroperasi pada waktu ini.

Adapun lebar sayapnya adalah 261 kaki – atau setara 4 jalur bowling dibangun dari ujung ke ujung. Pesawat ini akan menimbulkan Antonov An-225, pesawat terberat yang tersebut pernah dibuat terlihat kecil.

Secara ukuran pesawat ini memang sebenarnya merupakan terobosan baru.

Namun Radia berencana akan menggunakan bahan-bahan kemudian teknologi yang dimaksud telah banyak dipakai pada waktu ini untuk pesawatnya. Radia menyatakan apabila memungkinkan akan memulai pembangunan pesawat itu dengan material penerbangan, komponen juga teknik fabrikasi yang telah lama teruji serta disetujui oleh Administrasi Penerbangan AS.

Idenya adalah untuk mulai beroperasi dengan armada yang cepat juga dibangun dengan baik yang digunakan memenuhi standar bidang kedirgantaraan. Laporan online menyatakan operasi komersial akan segera dikerjakan pada tahun 2027, tetapi tidak ada ada garis waktu yang digunakan dikonfirmasi di laman web Radia.

Artikel Selanjutnya Startup Ini adalah Ingin Melahirkan Bayi Luar Angkasa

Artikel ini disadur dari Gokil! Startup Ini Bangun Pesawat Raksasa, Bisa Muat 3 Kolam Renang