Berita  

Gurita Bisnis Harvey Moeis, Suami Sandra Dewi yang tersebut Kena Kasus Korupsi

Gurita Bisnis Harvey Moeis, Suami Sandra Dewi yang tersebut yang disebutkan Kena Kasus Korupsi

Jakarta – Suami artis Sandra Dewi, Harvey Moeis, ditetapkan jadi dituduh tindakan hukum korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022. Ternyata pria 39 tahun itu juga dikenal sebagai pengusaha perusahaan yang dimaksud memiliki berbagai bisnis.

Salah satunya ia tercatat sebagai Presiden Komisaris perusahaan batu bara PT Multi Harapan Utama. Harvey juga dilaporkan mempunyai saham pada beberapa orang perusahaan, mulai dari PT Refined Bangka Tin, PT Sariwiguna Bina Sentosa, PT Stanindo Inti Perkasa, CV Venus Inti Perkasa, dan juga PT Tinindo Inter Nusa.

Harvey lahir 30 November 1985 lalu berdarah Papua, Ambon, dan juga Makassar. Dia adalah anak dari pasangan Hayong Moeis dan juga Irma Silviani.

Pernikahan dengan Sandra Dewi pada 8 November 2016 menyita berbagai perhatian publik. sebabnya pernikahan itu dilakukan mewah dalam Cinderella’s Castle Disneyland, Tokyo, Jepang.

Terjerat Kasus Korupsi

Minggu ini, namanya jadi perhatian masyarakat setelahnya Kejaksaan Agung mengumumkan Harvey sebagai dituduh pada perkara korupsi. Harvey juga secara langsung ditahan oleh para penyidik pada Rabu (27/3/2024).

Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Sektor Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung Kuntadi menjelaskan Harvey merupakan perwakilan PT Refined Bangka Tin (RBT) menghubungi Direktur Utama PT Timah ketika itu Mochtar Riza Pahlevi Tabrani. Kejadian itu terjadi sekitar tahun 2018 hingga 2019.

Kuntadi menjelaskan Harvey memohon Riza mengakomodasi kegiatan pertambangan liar dalam wilayah IUP PT Timah. Usai melakukan beberapa kali pertemuan, disepakati adanya kerja sewa menyewa peralatan processing peleburan timah di wilayah tersebut.

“Di mana Tersangka HM mengkondisikan agar smelter PT SIP, CV VIP, PT SBS, lalu PT TIN mengikuti kegiatan tersebut,” kata Kuntadi.

Setelah itu, Harvey diduga mengajukan permohonan para pemilik smelter untuk menyisihkan sebagian keuntungan dari usahanya. Berikutnya keuntungan dibagi untuk dirinya dan juga terdakwa lainnya.

Pemberian uang, pihak Kejaksaan menduga disamarkan berubah menjadi dana Corporate Social Responsibility (CSR). Dana disalurkan melalui PT QSE yang difasilitasi oleh dituduh lainnya, yakni Helena Lim.

Harvey dijerat dengan Pasal 2 Ayat (1) juga Pasal 3 jo. Pasal 18 Undang-Undang RI tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Kejagung juga menahan Harvey pada Rumah Tahanan negara Salemba Unit Kejaksaan Agung untuk 20 hari pertama sejak 27 Maret hingga 15 April 2024.

Sejauh ini sudah ada 16 terdakwa yang dimaksud ditangkap terjadi korupsi timah tersebut. Berikut daftarnya:

1.Mochtar Riza Pahlevi Tabrani (MRPT), selaku Direktur Utama (Dirut) PT Timah Tbk 2016-2021

2.Emil Ermindra (EE) selaku Direktur Keuangan PT Timah Tbk 2018

3.Alwin Albar (ALW) selaku direktur operasional PT Timah Tbk.

4.Suwito Gunawan (SG) Komisaris PT Stanindo Inti Perkasa

5.MB Gunawan (MBG) selaku Direktur PT Stanindo Inti Perkasa

6.Hasan Tjhie (HT) selaku Dirut CV Venus Inti Perkasa (VIP)

7.Kwang Yung alias Buyung (BY) selaku mantan komisaris CV VIP.

8.Robert Indarto (RI) sebagai direktur utama (Dirut) PT SBS

9.Tamron alias Aon (TN) sebagai pemilik khasiat atau benefit official ownership CV VIP

10.Achmad Albani (AA) selaku manager operational CV VIP

11.Suparta (SP) selaku Dirut PT Refined Bangka Tin (RBT)

12.Reza Andriansyah (RA) selaku Direktur Pengembangunan PT RBT.

13.Rosalina (RL) selaku General Manager PT Tinindo Inter Nusa (TIN).

14. Swasta Toni Tamsil

15. Helena Lim, Manager Marketing PT Quantum Skyline Exchange (QSE)

16. Harvey Moeis, perwakilan PT RBT.

Artikel Selanjutnya Harvey Moeis-Helena Lim, Hal ini Daftar 16 Tersangka Korupsi PT Timah

Artikel ini disadur dari Gurita Bisnis Harvey Moeis, Suami Sandra Dewi yang Kena Kasus Korupsi