Habisi Vietnam dalam Piala Asia, Ranking FIFA Timnas Indonesia Melejit Lima Peringkat

Habisi Vietnam di Piala Asia, Ranking FIFA Timnas Indonesia Melejit Lima Peringkat

Berita Bola Hari IniMelex.id Timnas Indonesia naik ke peringkat 142 ranking FIFA usai mengalahkan Vietnam dengan skor satu gol tanpa balas di area matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 Qatar di dalam Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, hari terakhir pekan (19/1/2024), demikian menurut catatan laman Twitter resmi @FootyRankings.

Asnawi Mangkualam Bahar menjadi aktor kemenangan Timnas Indonesia dimana berkat penalti dinginnya pada menit ke-42 berhasil memperdaya kiper Vietnam Filip Nguyen serta menghadirkan tiga poin perdana bagi Garuda di area Piala Asia 2023.

Para pemain Indonesia menyanyikan lagu kebangsaannya sebelum dimulainya pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di area Stadion Abdullah bin Khalifa di area Doha pada 19 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.
Para pemain Indonesia menyanyikan lagu kebangsaannya sebelum dimulainya pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia pada Stadion Abdullah bin Khalifa di dalam Doha pada 19 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.

Baca Juga: Captain Fantastic! Bikin Gol dalam Piala Asia, Asnawi Mangkualam Cetak Sejarah Bersama Timnas Indonesia

Kemenangan ini memproduksi Indonesia mendapatkan tambahan 23,18 poin juga menciptakan poinnya yang dimaksud semula 1053,60 menjadi 1076,78. Tambahan poin ini menghasilkan Merah Putih melejit lima peringkat dari peringkat 147 ranking FIFA, peringkat dia pada waktu ditumbangkan Irak dengan skor 1-3 pada laga perdana.

Sementara itu, di area sisi lain, kekalahan ini menyebabkan Vietnam turun empat peringkat dari semula peringkat 95 menjadi peringkat 99. Kini, The Golden Star miliki poin 1205,90 pasca kekalahan melawan Indonesia.

Selain melonjak di tempat ranking FIFA, Indonesia juga naik ke peringkat ketiga klasemen sementara Grup D dengan tiga poin, mengoleksi poin yang tersebut sejenis dengan raksasa Jepun yang digunakan baru semata kalah 1-2 dari Irak pada laga kedua.

Hal ini menghasilkan kesempatan Indonesia untuk lolos ke sesi 16 besar terbuka lebar. Terlebih, pasukan Shin Tae-yong sekarang ini juga menjadi pemuncak klasemen sementara di tempat kelompok peringkat ketiga terbaik dengan raihan tiga poin.

Indonesia meninggalkan lawan-lawannya di area klasemen peringkat tiga terbaik akibat pesaing-pesaingnya seperti Tajikistan (Grup A), Syiria (Grup B), serta Palestina (Grup C) yang digunakan sudah ada memainkan dua laga, baru mengoleksi satu poin.

Sementara Bahrain (Grup E) juga Oman (Grup F) yang digunakan baru memainkan satu laga penyisihan grup belum memperoleh poin sebanding sekali.

Pada laga pamungkas penyisihan grup, Indonesia akan bertemu raksasa Asia Negeri Sakura pada Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, pada Rabu (24/1/2024) pukul 18.30 WIB.

Sumber : Suara.com