Hasil Piala Asia 2023: Bungkam Vietnam, Timnas Indonesia Buka Prospek ke Babak 16 Besar

Hasil Piala Asia 2023: Bungkam Vietnam, Timnas Indonesia Buka Prospek ke Babak 16 Besar

Berita Bola Hari IniMelex.id Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam pada matchday kedua Grup D Piala Asia 2023. Dalam laga yang digunakan dilakukan pada Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Hari Jumat (19/1/2024) malam, skuad Garuda menang tipis dengan skor 1-0.

Gol kemenangan Timnas Indonesia dalam laga yang disebutkan dicetak Asnawi Mangkualam lewat titik putih di area fase pertama. Hasil ini membuka kesempatan skuad Garuda untuk tampil di dalam putaran 16 besar, kemudian di tempat laga pamungkas pasukan besutan Shin Tae-yong akan menghadapi Jepang.

Duel Timnas Indonesia vs Negeri Sakura dijadwalkan pada 24 Januari 2024. Sementara Vietnam akan melawan Irak di dalam partai pamungkas Grup D.

Jalannya Pertandingan

Para pemain Indonesia menyanyikan lagu kebangsaannya sebelum dimulainya pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di tempat Stadion Abdullah bin Khalifa pada Doha pada 19 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.
Para pemain Indonesia menyanyikan lagu kebangsaannya sebelum dimulainya pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di area Stadion Abdullah bin Khalifa di dalam Doha pada 19 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.

Timnas Indonesia dengan segera menggebrak sejak kick-off dibunyikan. Baru beberapa detik bola bergulir, prospek didapat Rafael Struick. Sayang potensi yang disebutkan kandas pasca sepakan first time pemain keturunan itu ditepis penjanga gawang Vietnam Filip Nguyen.

Pertahanan Vietnam terus dibombardir Timnas Indonesia, juga memasuki menit kedelapan Rafael kembali mendapat peluang. Berawal dari kerja sejenis satu dua pemain Timnas Indonesia, Rafael yang digunakan mendapat sodoran bola segera mengurangi tendangan ke gawang. Namun si dermis bundar melenceng di tempat sisi berhadapan dengan gawang Vietnam.

Vietnam bermain lebih lanjut sabar lalu mengawaitu waktu yang mana tepat untuk melancarkan serangan. Namun, hingga 25 menit laga perjalanan, Nguyen Quang Hai cs tak dapat kesempatan emas.

Pressing ketat yang tersebut dijalankan Timnas Indonesia menghasilkan permainan Vietnam sulit berkembang. The Golden Stars tambahan berbagai bermain di dalam area pertahanan sendiri.

Memasuki menit ke-30 Timnas Indonesia kembali merancang serangan berbahaya. Permainan cepat di area area bertahan Vietnam nyaris berbuah gol andaikan sepakan Sandy Walsh tak terlalu lemah.

Vietnam menebar ancaman dalam menit ke-32. Pham Tuan Hai yang digunakan lepas dari kawalan Justin Hubner lari tanpa kawalan. Beruntung Jordi Amat berhasil menyapu bola ke luar lapangan.

Timnas Indonesia mendapat kesempatan terbaiknya di dalam menit ke-36. Umpan lambung Justin Hubner yang sangat manis disambut tandukan Sandy Walsh. Sayang, bola sundulan itu ditepis Filip Nguyen.

Di menit 42 potensi emas didapat Timnas Indonesia. Wasit menunjuk titik putih setelahnya Rafael Struick dijatuhkan pemain Vietnam pada kotak terlarang.

Asnawi Mangkualam yang tersebut maju sebagai algojo dengan tenang mengoyak gawang Nguyen. Poin satu gol tanpa balas untuk Timnas Indonesia!

Timnas Indonesia kembali mendapat potensi di area masa tambahan waktu fase pertama. Menerima umpan lambung Justin Hubner, Rafael Struick menanduk bola ke gawang namun berhasil dimuntahkan Filip Nguyen.

Skor satu gol tanpa balas untuk keunggulan Timnas Indonesia bertahan hingga turun minum.

Di putaran kedua Timnas Indonesia berulang kali ditekan Vietnam. Anak asuh Philippe Troussier menyebabkan Ernando Ari jatuh bangun untuk menggagalkan banyak prospek The Golden Star Warriors.

Seperti yang tersebut terjadi di dalam menit 48. Pemain pengganti Khuat Van Khang lolos di area sisi kiri kotak penalti lalu melegakan tembakan keras kaki kiri. Untungnya, Ernando Ari tampil gemilang dengan membantah bola itu.

Vietnam kembali membahayakan gawang Timnas Indonesia pada menit ke-52. Hebat Vhan Khang mengurangi tembakan keras namun melenceng pada sisi kanan gawang Ernando.

Situasi berbalik di area putaran kedua ini, lini pertahanan Timnas Indonesia banyak mendapat tekanan dari Vietnam. Sampai dengan menit 65, skuad Garuda masih sulit mengundurkan diri dari dari tekanan.

Timnas Indonesia mendapat prospek pertama pada sesi kedua pada menit ke-70. Sayangnya, Hokky Caraka yang tersebut masuk menggantikan Rafael Struick gagal melegakan tendangan akurat ke gawang Filip Nguyen.

Sejumlah pemain yang dimaksud dimasukan Shin Tae-yong– Adam Alis, Hokky Caraka, Rizky Ridho, serta Witan Sulaeman– menyebabkan permainan skuad Garuda berubah. Meski demikian, Vietnam masih masih mendominasi jalannya fase kedua.

Hokky Caraka kembali mendapat kesempatan pada menit ke-80 setelahnya menerima umpan dari Justin Hubner. Akan tetapi tendangannya melenceng dari sasaran.

Vietnam harus bermain dengan 10 pemain dalam menit 90+1. Le Pham Thanh Long harus mandi lebih banyak cepat usah diganjar kartu ikterus kedua.

Laga masih berlangsung sengit di tempat menit-menit akhir. Timnas Indonesia yang dimaksud unggul jumlah total pemain mencoba memanfaatkan keuntungan yang dimaksud dengan tambahan agresif menyerang.

Sejumlah prospek didapat, di dalam antaranya yang mana dimiliki Marselino pada menit 90+9. Sayang tendanganya melambung di dalam melawan mistar gawang. Angka satu-nol untuk kemenangan Indonesia bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

Timnas Vietnam (5-3-2): Filip Nguyen;Trong Minh Vo, Nguyen Thanh Binh, Pham Xuan Manh, Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Ant;Nguyen Tuan Anh, Nguyen Thai Son, Nguyen Quang Hai; Pham Tuan Hai, Nguyen Van Tung.

Pelatih: Philippe Troussier.

Timnas Indonesia (3-4-2-1): Ernando Ari; Jordi Amat, Justin Hubner, Sandy Walsh; Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Rafael Sruick, Egy Maulana Vikri.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Sumber : Suara.com