Hasil Piala Asia 2023: Permalukan Jepang, Irak Amankan Tiket 16 Besar dari Grup Timnas Indonesia

Hasil Piala Asia 2023: Permalukan Jepang, Irak Amankan Tiket 16 Besar dari Grup Timnas Indonesia

Berita Bola Hari IniMelex.id Kejutan terjadi di tempat matchday kedua Grup D Piala Asia 2023. Salah satu regu favorit juara, Timnas Jepang, dihajar Timnas Irak dengan skor 1-2 pada laga di tempat Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, Hari Jumat (19/1/2024) waktu malam WIB.

Striker Aymen Hussein kembali jadi aktor kemenangan Irak lewat brace-nya ke gawang Negeri Sakura pada menit kelima dan juga 45+4′.

Ini jadi gol ketiga penyerang bernomor punggung 18 itu dalam Piala Asia 2023 Qatar setelahnya pada matchday 1 Grup D lalu juga mencetak gol di kemenangan 3-1 Irak menghadapi Timnas Indonesia.

BACA JUGA: Bela Tim Unggulan, Kiper Incaran Manchester United Justru Jadi Lumbung Gol dalam Piala Asia 2023

Sementara itu, gol gelandang Liverpool, Wataru Endo pada injury time putaran kedua (90+3′) tak lebih tinggi dari sekadar gol konsolasi bagi Negeri Sakura dalam laga ini.

Dengan kemenangan ini, Irak pun mengoleksi poin sempurna 6 dari dua laga yang dimaksud sudah merekan mainkan di tempat Grup D Piala Asia 2023.

Tim berjuluk Singa Mesopotamia itu otomatis mengunci tiket ke sesi 16 besar Piala Asia Qatar meskipun masih tersisa satu matchday pada fase grup, dengan mereka itu minimal sudah ada akan datang jadi peringkat ketiga terbaik dari grup ini.

BACA JUGA: Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Vietnam: Elkan Baggott Cadangan, Egy Maulana Vikri Starter!

Di sisi lain, Jepun tertahan dalam peringkat kedua klasemen sementara Grup D dengan 3 poin dari dua pertandingan.

Di Stadion Education City, Irak sudah ada menjadi pemimpin pada menit kelima, berawal dari kesalahan umpan Negeri Sakura pada area tengah. Bola dialirkan Irak ke Ali Jasim Elaibi pada kiri, lalu diteruskan dengan umpan silang.

Kiper Jepun Zion Suzuki coba memotong umpan yang disebutkan tapi gagal, justru mengarahkan bola ke Aymen Hussein. Aymen leluasa menyundul bola ke pada gawang.

Irak menggandakan keunggulan pada masa injury time sesi pertama. Ahmed Al-Hajjaj lolos pada kiri lalu mengirim umpan silang yang mana disambar Hussein dengan sundulan.

Di paruh kedua, Negeri Matahari Terbit terus mengambil alih angin serangan. Namun, regu berjuluk Samurai Blue ini selalu menemui kebuntuan.

Mereka baru bisa saja memperkecil skor pada injury time fase kedua. Umpan sepak pojok Reo Hatate tak diantisipasi dengan baik oleh kiper, menyebabkan Wataru Endo leluasa menanduknya ke gawang kosong.

Tak ada lagi inovasi skor pada sisa waktu, Irak menang 2-1. Dengan hasil ini, Irak memverifikasi tike ke putaran 16 besar Piala Asia 2023, menyusul tuan rumah Qatar dan juga Australia yang mana juga sudah ada lolos pada matchday kedua ini.

Susunan Pemain:

Timnas Irak XI: Jalal Hassan; Hussein Ali, Saad Natiq, Rebin Sulaka, Ahmed Al-Hajjaj, Frans Putros, Amir Al-Ammari, Youssef Amyn, Ibrahim Bayesh, Ali Jasim, Aymen Hussein.

Pelatih: Jesus Casas

Timnas Negeri Matahari Terbit XI: Zion Suzuki; Yukinari Sugawara, Kou Itakura, Shogo Taniguchi, Hiroki Ito, Hidemasa Morita, Wataru Endo, Junya Ito, Takefusa Kubo, Takumi Minamino, Takuma Asano.

Pelatih: Hajime Moriyasu

Sumber : Suara.com