Hitung-hitungan Timnas Indonesia Melewati ke 16 Besar Piala Asia 2023

Hitung-hitungan Timnas Indonesia Melewati ke 16 Besar Piala Asia 2023

Berita Bola Hari IniMelex.id Timnas Indonesia menjaga potensi untuk melangkah ke 16 besar Piala Asia 2023 usai mengalahkan Vietnam di matchday kedua Grup D pada hari terakhir pekan (19/1/2024) di malam hari WIB.

Dalam pertandingan di dalam Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha itu, skuad Garuda berhasil mempecundangi Vietnam dengan skor tipis 1-0.

Gol semata wayang Timnas Indonesia dicetak oleh sang kapten, Asnawi Mangkualam. Pemain berposisi bek sayap itu mencatatkan namanya di dalam papan skor lewat titik putih pada menit ke-42.

Baca: Momen Wasit ‘Curi’ Bola Marselino Ferdinan, Laga Timnas Indonesia vs Vietnam Sempat Terhenti

Tim asuhan Shin Tae-yong mendapat hadiah penalti setelahnya striker Rafael Struick dijatuhkan pemain The Golden Star Warriors di dalam kotak terlarang.

Kemenangan ini menghasilkan Timnas Indonesia mengakhiri kutukan ketika berjumpa Vietnam. Hal ini merupakan hasil positif pertama sejak kali terakhir menumbangkan lawannya itu pada 2016.

Bagi instruktur Shin Tae-yong, kemenangan ini juga sangat berarti. Hal ini adalah kali pertama juru taktik dengan syarat Korea Selatan itu mengalahkan Vietnam ketika mengawasi Timnas Indonesia pada level senior.

Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam merayakan golnya ke gawang Vietnam pada laga Piala Asia 2023 di dalam Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Hari Jumat (19/1/2024) waktu malam WIB. [K JAAFAR / AFP]
Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam merayakan golnya ke gawang Vietnam pada laga Piala Asia 2023 dalam Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, hari terakhir pekan (19/1/2024) di malam hari WIB. [K JAAFAR / AFP]

Sebelumnya, di empat konferensi dengan Vietnam, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong gagal menang dengan rincian dua imbang dan juga dua kalah.

Bahkan, di periode tersebut, Timnas Indonesia tidak ada mampu mencetak gol mirip sekali.

Selain memberikan banyak dampak positif dari segi moral, kemenangan berhadapan dengan Vietnam juga menambah masa berlaku napas Timnas Indonesia di area Piala Asia 2023.

Skuad Garuda sekarang ini menduduki peringkat tiga klasemen Grup D dengan koleksi tiga poin, setara Negeri Matahari Terbit tetapi kalah selisih gol.

Baca juga: Disikut Pemain Vietnam, Jordi Amat Tinggalkan Lapangan dengan Hidung Berdarah

Situasi itu menghasilkan Asnawi Mangkualam kemudian kawan-kawan akan segera menghadapi laga hidup mati kontra Negeri Matahari Terbit pada matchday terakhir Grup D pada 24 Januari mendatang.

Hitung-hitungan Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023

Secara sederhana, Timnas Indonesia hanya saja perlu menang berhadapan dengan Negeri Matahari Terbit untuk menemani Irak melangkah ke fase knock-out Piala Asia 2023.

Namun, dalam menghadapi kertas, Negeri Sakura jelas menjadi kelompok yang lebih lanjut dijagokan untuk menang berhadapan dengan Timnas Indonesia.

Jepang merupakan kelompok Asia dengan ranking FIFA terbaik yang mana mendempati urutan 21 dunia. Sementara Indonesia masih terseok-seok di tempat peringkat 146.

Andai tak mampu mengalahkan Jepang, skuad Garuda masih miliki potensi lolos dengan catatan sanggup menahan imbang pasukan berjuluk Samurai Biru itu.

Tambahan satu poin akan memproduksi Timnas Indonesia mempunyai poin empat dalam akhir klasemen Grup D serta berpotensi untuk lolos ke 16 besar lewat jalur salah satu dari empat kelompok peringkat tiga terbaik.

Sumber : Suara.com