Homeco Victoria Makmur (LIVE) Siap Melantai di dalam BEI, Simak Ulasan Analis

Homeco Victoria Makmur (LIVE) Siap Melantai di dalam di BEI, Simak Ulasan Analis

Melex.id . PT Homeco Victoria Makmur Tbk (LIVE) akan segera melakukan pencatatan perdana sahamnya di dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin, 12 Februari 2024. 

Analis Binaarta Sekuritas Valerie Mannuela, mengatkan perseroan mempunyai keunggulan kompetitif dibandingkan dengan perusahaan sejenis di tempat sektor ini, dengan ekspektasi rasio PE dalam bawah rata-rata industri. 

Menurutnya, Industri Peralatan Rumah Tangga miliki rata-rata rasio PE maksimum sebesar 16,3 kali. Sementara itu, Homeco Victoria menawarkan harga jual saham perdana sebesar Mata Uang Rupiah 148 per saham. 

“Kami memproyeksikan rasio PE Perseroan akan mencapai 9,9 kali pada tahun 2024P, sehingga lebih besar rendah dari rata-rata industri,” ucapannya di keterangannya seperti disitir hari terakhir pekan (9/2).

Homeco Victoriadidirikan pada tahun 2012, dengan fokus utama pada manajemen merek dan juga pemasaran komoditas peralatan juga perlengkapan rumah tangga pada Indonesia. Organisasi ini menawarkan berbagai kategori produk, termasuk peralatan dapur, peralatan minum lalu makan, peralatan masak, alat tulis kemudian gambar, permainan anak-anak, serta tisu basah. Selain itu, Perseroan juga merupakan perusahaan induk dari beberapa entitas anak.

Perusahaan sudah mendirikan reputasi sebagai salah satu penjual kemudian produsen peralatan lalu perlengkapan rumah tangga terkemuka di area sektor ini. Dengan pengalaman lebih banyak dari 12 tahun, Homeco Victoria miliki jangkauan perdagangan yang digunakan luas, mencakup hampir seluruh wilayah dalam Indonesia. 

Penjualan Perseroan melalui pangsa modern mencapai 40.000 titik penjualan, sementara dalam lingkungan ekonomi tradisional, tambahan dari 700 mitra distribusi terlibat.

Portofolio komoditas Homeco Victoria  terdiri dari tiga segmen: segmen atas, segmen menengah, dan juga produk-produk massal, dengan merek-merek terkenal seperti BerlingerHaus, KEI, Scandic, Wiggle, kemudian lainnya. 

Selain itu, melalui entitas anaknya, PT Trisinar Indopratama (Technoplast/TSI), Perseroan menjalin kerja mirip bisnis-to-bisnis (B2B) dengan merek-merek terkenal seperti BT21, Line, McDonald's, Starbucks, dan juga lainnya.

Dari segi kinerja keuangan, Homeco Victoria menunjukkan peningkatan yang konsisten di rasio profitabilitas selama periode 2020 hingga Juli 2023, dengan peningkatan pendapatan sebesar 94,70% dari tahun 2020 hingga 2022. 

Hal ini disebabkan oleh partisipasi Entitas Anak Perseroan pada menyediakan vaccine carrier bagi pemerintahan Indonesia pada tahun 2021.

Untuk masa depan, Perseroan memproyeksikan perkembangan pendapatan yang mana terus meningkat dengan target CAGR 2022A-2027F sebesar 29,8%, atau mencapai IDR 1,1 triliun pada tahun 2027F. 

Hal ini mencerminkan kemampuan perusahaan untuk mencetak laba yang digunakan terus meningkat. Di sisi lain, kemampuan perusahaan untuk melunasi kewajiban jangka panjang juga menunjukkan tren positif, didorong oleh pemulihan EBITDA yang mana kuat. Rasio Debt to EBITDA Perseroan meningkat menjadi 3,06 pada Juli 2023, dari 1,94 pada akhir tahun 2022.

Dengan prospek yang digunakan menjanjikan serta tempat yang tersebut kuat dalam lingkungan ekonomi peralatan rumah tangga, Homeco Victoriasiap menghadapi pencatatan perdana sahamnya di tempat BEI. Para penanam modal diharapkan dapat mempertimbangkan peluang perkembangan jangka panjang yang digunakan ditawarkan oleh perusahaan ini.