Berita  

Hotman Paris juga Yusril Pede ‘Sikat’ Tim Anies-Ganjar di dalam Sidang MK

Hotman Paris juga Yusril Pede ‘Sikat’ Tim Anies-Ganjar pada pada Sidang MK

Jakarta – Hasil tindakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga pada waktu masih dipersoalkan. Kubu Prabowo-Gibran percaya mengaku siap menghadapi gugatan kubu capres 1 kemudian 3 di sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2024 ke Mahkamah Konstisusi (MK).

Tim pembela Prabowo-Gibran Hotman Paris Hutapea, berseloroh gugatan kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar cukup dijawab dengan satu paragraf. Menurutnya, dalil kubu Anies yang tersebut mempersoalkan bantuan sosial tak berdasar.

“Jadi permohonan dari 01 ini sebenarnya cukup dijawab oleh satu paragraf, satu paragraf saja. Karena yang lainnya hanya sekali ngoceh, ngoceh sana sini,” kata Hotman pada Gedung MK, Jakarta, disitir (30/3/2024).

Mengutip CNN Indonesia, Hotman membeberkan argumen politisasi bansos yang tersebut disampaikan kelompok hukum AMIN pada persidangan tersebit tak lebih besar dari bualan saja. Sebab, bansos telah dilakukan diatur kemudian disahkan di undang-undang.

“Jadi permohonan dari 01 ini sebenarnya cukup dijawab oleh satu paragraf, satu paragraf saja. Karena yang lainnya hanya saja ngoceh, ngoceh sana sini,” kata Hotman.

Ketua pasukan hukum pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02, Yusril Izha Mahendra memberikan informasi usai mengunjungi sidang perdana sengketa hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dalam Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Rabu (27/3/2024). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)Foto: Ketua grup hukum pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02, Yusril Izha Mahendra memberikan keterang usai hadir di sidang perdana sengketa hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Rabu (27/3/2024). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)
Ketua regu hukum pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02, Yusril Izha Mahendra memberikan keterangan usai mengunjungi sidang perdana sengketa hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 ke Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Rabu (27/3/2024). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

Dia mengaku permohonan gugatan sengketa pilpres yang mana diajukan grup AMIN ke MK merupakan gugatan yang digunakan paling mengambang pada sejarah kariernya sebagai pengacara.

“Yang digugat apa, yang tersebut dibahas bansos. 90 persen isi permohonan itu mengenai bansos. Dan itu bisa jadi dijawab dengan satu kalimat: bansos itu adalah sah sesuai dengan peraturan,” kata Hotman.

Sementara, Ketua Tim Kuasa Hukum Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra mengungkapkan, gugatan Ganjar-Mahfud tidaklah masuk akal berdasarkan hukum. Dia menyoroti gugatan Ganjar-Mahfud yang mana memohonkan pengumuman Prabowo-Gibran dijadikan nol ke semua provinsi. Menurutnya, gugatan itu justru menghapus ucapan 96 jt orang.

Menurutnya, gugatan itu bertentangan dengan amanat konstitusi. Sebab, Undang-Undang Dasar 1945 mengamanatkan kedaulatan ada di tangan rakyat.

“Pemohon sendiri dengan mengutip adagium Vox Populi Vox Dei, pengumuman rakyat adalah kata-kata Tuhan,” kata Yusril.

“Dalam pokok perkara, satu, menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya. Dua, menyatakan benar kemudian terus berlaku Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 360 Tahun 2024,” kata Yusril pada sidang sengketa Pilpres 2024 di dalam Gedung MK, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Artikel Selanjutnya Profil 11 Panelis Debat Utama Capres Partisipan Pilpres 2024

Artikel ini disadur dari Hotman Paris dan Yusril Pede ‘Sikat’ Tim Anies-Ganjar di Sidang MK