Berita  

Indodax sebut Bitcoin salah satu jenis “safe haven asset” seperti emas

Indodax sebut Bitcoin salah satu jenis “safe haven asset” seperti emas

Berita Terbaru Hari IniMelex.id Terdapat biaya eksplorasi sebelum menjadi sebuah aset kemudian prosesnya pun tidaklah mudah

Jakarta – direktur utama INDODAX Oscar Darmawan menyebutkan Bitcoin sebagai salah satu jenis safe haven asset seperti emas dikarenakan fluktuasi penurunan harga jual antara kedua komoditas yang dimaksud tiada pernah merosot secara signifikan.

“Bitcoin serta emas sama-sama merupakan aset yang digunakan melintasi proses pengolahan terlebih dahulu. Terdapat biaya eksplorasi sebelum menjadi sebuah aset juga prosesnya pun tak mudah. Proses pembuatan satu Bitcoin itu membutuhkan listrik tambahan dari 60 persen keperluan total listrik di area Indonesia atau dua kali dari negara Malaysia. Maka dari itu, harganya tidaklah pernah turun signifikan,” ucapnya pada keterangan resmi di dalam Jakarta, Selasa.

Mengingat dibutuhkan biaya dan juga usaha tambahan, lanjutnya, maka para pembuat Bitcoin juga emas akan mematok biaya pada berhadapan dengan biaya produksi untuk menghindari kerugian

Meskipun sama-sama tergolong sebagai safe haven asset, Oscar mengatakan Bitcoin tambahan praktis lalu mudah untuk dibawa ke mana pun serta kapan pun.

“Jika dilihat dari unsur portabilitas, emas tentunya mempunyai bobotnya sendiri, yang digunakan membuatnya kurang efisien untuk dibawa kemana pun. Sementara Bitcoin dapat dengan mudah diakses dan juga dibawa ke mana saja. Kelebihan ini menjadikan Bitcoin sebagai pilihan yang lebih banyak praktis, khususnya di situasi yang dimaksud genting,” ungkap dia.

Saat ini, salah satu perusahaan penambang Bitcoin terbesar, Blackrock, telah menjadikan Bitcoin sebagai aset cadangan pada berada dalam ketidakstabilan perekonomian global.

Hal yang disebutkan dianggap membuktikan aset kripto memiliki prospek keuntungan tinggi mengingat nilai Bitcoin telah dilakukan naik menembus Rp1 miliar.

“Blackrock juga telah menggunakan Bitcoin sebagai aset cadangan dia yang dimaksud menandakan bahwa Bitcoin memang sebenarnya sudah diakui sebagai bagian integral dari strategi penanaman modal di menghadapi ketidakstabilan kegiatan ekonomi global,” kata Oscar.