Indosat Pakai Teknologi Kecerdasan Buatan buat Pantau Jaringan selama Libur Nataru

Indosat Pakai Teknologi Kecerdasan Buatan buat Pantau Jaringan selama Libur Nataru

Berita Teknologi Hari IniMelex.id Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mengumumkan persiapannya jelang libur Natal dan juga Tahun Baru (Nataru) 2023. Operator seluler ini memverifikasi komunikasi pengguna bukan terputus selama libur Nataru.

President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha menyatakan, pihaknya sudah pernah mengoptimalkan jaringan di tempat 434 lokasi prioritas lalu meningkatkan kapasitas jaringan pada 527 titik selama periode Natal juga Tahun Baru.

“Dengan penambahan ini, Indosat pada saat ini menyediakan kapasitas sekitar 33 persen lebih besar besar daripada rata-rata trafik data harian,” katanya di siaran pers, disitir Rabu (20/12/2023).

Ia memperkirakan kalau lonjakan trafik data selama Nataru naik hingga 11,5 persen ketimbang hari biasa.

Menurut Vikram, peningkatan trafik ini dipicu oleh peningkatan pemanfaatan perangkat lunak seperti WhatsApp, Facebook, serta YouTube, juga game online yang mencakup Mobile Legends, Roblox, hingga PUBG.

Tidak hanya saja itu, Indosat juga telah lama melakukan uji coba jaringan di tempat wilayah yang tersebut diprediksi akan menjadi jalur perjalanan populer publik selama liburan Natal dan juga Tahun Baru. Titik lokasi itu mencakup Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, lalu Balikpapan.

“Hasil pengujian ini menegaskan bahwa jaringan Indosat optimal dari segi kecepatan,” lanjut dia.

Selain itu, Indosat juga sudah mengaktifkan Command Center 24/7 yang digunakan berpusat dalam Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) lalu Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation Center (ISOC).

Vikram menjelaskan, Command Center ini didukung oleh Network Operation Center berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) serta otomatisasi, untuk memantau ketersediaan kemudian kualitas jaringan.

Command Center ini secara proaktif memonitor area rakyat yang dimaksud diperkirakan akan mengalami lonjakan trafik seperti bandara, alun-alun, terminal bus, stasiun kereta, pelabuhan, tempat ibadah, lokasi wisata, juga pusat perbelanjaan.

Selain itu, tambah Vikram, kota-kota yang tersebut menjadi tujuan liburan Natal kemudian Tahun Baru, seperti Bogor, Tegal, Kuningan, Lamongan, Nusa Tenggara Barat, Binjai, Banjarbaru, serta Gorontalo, diprediksi akan mengalami lonjakan trafik data tertinggi di area Indonesia.

Lebih lanjut Vikram menuturkan, semua hal itu diadakan demi menghubungkan kemudian memberdayakan penduduk Indonesia. Oleh karenanya, Indosat akan berjuang untuk selalu hadir di tempat tengah-tengah penduduk Indonesia.

“Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terkemuka di tempat Indonesia, kami mewujudkan komitmen ini melalui penyediaan konektivitas terbaik agar warga dapat menyeberangi momen Natal dan juga Tahun Baru dengan orang terkasih dengan nyaman. Selain itu, kami juga berbagi kehangatan dengan anak-anak pada Panti Asuhan dengan harapan dapat menambah kegembiraan mereka itu pada merayakan Natal kemudian Tahun Baru,” jelasnya.

Sumber : Suara.com