Indra Sjafri Maklumi Eksperimen Shin Tae-yong Saat Timnas Indonesia Ditekuk Libya 0-4

Indra Sjafri Maklumi Eksperimen Shin Tae-yong Saat Timnas Indonesia Ditekuk Libya 0-4

Berita Terbaru Hari IniMelex.id Jakarta – Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri memaklumi langkah Shin Tae-yong untuk bereksperimen pada waktu timnas Indonesia berkompetisi melawan Libya pada Antalya, Turki, Selasa, 2 Januari 2024. Menurut dia, kekalahan telak Skuad Garuda tak mampu menjadi ukuran kekuatan merek ketika ini.

“Namanya uji coba, pasti ada hal-hal yang dimaksud dicoba. Event resmi itulah yang tersebut menjadi ukuran bahwa pasukan itu oke atau tidak ada oke,” ujar ia pada waktu ditemui dalam Lapangan A Gelora Bung Karno, Senayan, DKI Jakarta Pusat, Kamis, 4 Januari 2024.

Pada laga yang dimaksud timnas Indonesia ditekuk Libya 0-4. Adapun keempat gol mereka itu dicetak oleh Ahmed Ekrawa pada menit ke-25, Omar Al Khoja menit ke-58, Nour Al Din Al Qulaib menit ke-89 lalu Alaa Al Qajdar menit ke-90+2.

Shin Tae-yong menurunkan komposisi skuad berbeda pada sesi pertama serta kedua pertandingan. Ia juga mengubah tempat beberapa pemain, seperti Witan Sulaeman yang ditempatkan sebagai fullback kanan. Lalu ada juga Marselino Ferdinan yang tersebut bermain menjadi deep-lying playmaker, hingga Dendy Sulistyawan sebagai penyerang tengah.

Pelatih selama Korea Selatan itu sebelumnya mengaku bahwa beliau memang sebenarnya sengaja menurunkan hampir seluruh pemain yang ada dalam skuad timnas Indonesia pada waktu ini. Tujuannya untuk mengecek kondisi fisik dia setelahnya kurang lebih besar berlatih selama sepekan terakhir. Di sisi lain, ia tak peduli dengan skor akhir laga tersebut. Akan tetapi, ia berjanji akan menurunkan regu utama di tempat laga uji coba kedua melawan Libya.

Menurut Indra Sjafri, butuh waktu sedikit tambahan lama bagi Shin Tae-yong untuk menyatukan chemistry para pemain timnas Indonesia pada waktu ini. “Ini sudah ada lama peserta tiada berkumpul kemudian banyak atlet baru, yang baru bergabung. Tentu coach Shin butuh waktu untuk bisa saja menciptakan kelompok ini solid.”

Walau sedang disibukan menangani timnas U-20 Indonesia, Indra Sjafri tetap memperlihatkan tiada melupakan tugasnya sebagai Direktur Teknik PSSI. Ia tetap memperlihatkan mengomunikasikan dengan Shin Tae-yong di rangka memantau serta menggarap kegiatan latihan selama masa persiapan.

Timnas Indonesia dijadwalkan melakoni dua rencana uji coba terakhir melawan Libya di tempat Turki pada 5 Januari dan juga Iran pada Qatar pada 9 Januari. Setelah itu, barulah regu asuhan Shin Tae-yong berlaga dalam Piala Asia 2023 dengan menghadapi Irak pada 15 Januari 2024.