Indra Sjafri Ngaku Beri Masukan Sebelum Timnas Indonesia Hajar Vietnam: Saya Pernah Kalahkan Troussier

Indra Sjafri Ngaku Beri Masukan Sebelum Timnas Indonesia Hajar Vietnam: Saya Pernah Kalahkan Troussier

Berita Bola Hari IniMelex.id Direktur Teknik (Dirtek) PSSI, Indra Sjafri muncul dengan pernyataan telah dilakukan memberi masukan lebih lanjut dulu terhadap staf ahli Timnas Indonesia sebelum sukses menghajar Vietnam pada hari terakhir pekan (19/1/2024).

Timnas Indonesia untuk pertama kali sejak 2016 berhasil mengalahkan Vietnam pada waktu kedua regu bentrok pada matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 dalam Doha, Qatar.

Dalam prosesnya, regu asuhan Shin Tae-yong itu mampu mengalahkan Vietnam dengan skor tipis satu-nol melalui gol semata wayang kapten Asnawi Mangkualam yang lahir dari titik putih.

Baca juga: Aksi Marselino Ferdinan Menjelma Gareth Bale, Bikin Pemain Vietnam Kartu Merah

Indra Sjafri menjelaskan bahwa dirinya kerap memberi masukan untuk staf ahli Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong selama Piala Asia 2023.

Khusus menghadapi Vietnam, Indra menyampaikan hal itu layak dilaksanakan lantaran dirinya pernah mengalahkan Vietnam asuhan Philippe Troussier di tempat semifinal SEA Games 2023 lalu.

Indra, yang mana menghadirkan Timnas Indonesia jadi juara SEA Games 2023 pasca membekuk Thailand, lebih banyak dulu mengalahkan Vietnam dalam putaran empat besar dengan skor 3-2.

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri. (pssi.org)
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri. (pssi.org)

Skuad Timnas Indonesia ketika ini pun dihuni beberapa alumni Tim nasional U-22 di tempat SEA Games lalu. Sebut belaka Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rizky Ridho, Ernando Ari, dan juga Pratama Arhan.

“Kita berdiskusi hampir setiap hari dengan antarpelatih regu nasional. Saya setiap hari komunikasi dengan Nova Arianto bagaimana Jepang, bagaimana Vietnam?” jelas Indra Sjafri pada waktu ditemui pada ASIOP Training Center Sentul, Bogor, Hari Sabtu (20/1/2024) pagi.

“Karena saya pernah mengalahkan Philippe Troussier dalam SEA Games kemarin. Alhamdulillah apa yang mana kita harapkan tadi waktu malam bisa saja ambil tiga poin,” jelasnya.

Baca juga: Momen Wasit ‘Curi’ Bola Marselino Ferdinan, Laga Timnas Indonesia vs Vietnam Sempat Terhenti

Kemenangan melawan Vietnam menghasilkan Timnas Indonesia meperpanjang harapan untuk lolos ke sesi 16 besar Piala Asia 2023. Skuad Garuda sekarang ini menduduki urutan tiga klasemen Grup D dengan koleksi tiga poin.

Jumlah poin itu setara dengan Negeri Matahari Terbit yang menduduki urutan kedua. Timnas Indonesia cuma kalah jumlah agregat mencetak gol kemudian selisih gol dari Samurai Biru.

Situasi itu menimbulkan matchday terakhir Grup D akan menjadi laga hidup terhenti bagi Timnas Indonesia dan juga Jepang. Kedua negara akan berjuang meraih hasil positif guna melangkah ke fase 16 besar.

Duel Timnas Indonesia vs Negeri Matahari Terbit akan berlangsung dalam Stadion Al Thumama, Qatar. Pertarungan dijadwalkan bergulir pada 24 Januari mendatang.

Sumber : Suara.com