Berita  

Ingat, Daftar Barang Bawaan Penumpang dari LN Ini adalah Dibatasi!

Ingat, Daftar Barang Bawaan Penumpang dari LN Hal ini adalah Dibatasi!

Jakarta – pemerintahan telah dilakukan merilis aturan yang digunakan mengatur arang bawaan penumpang pesawat dari luar negeri. Aturan ini dimuat pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 36 Tahun 2023 yang mana mulai berlaku 10 Maret 2024.

Hingga ketika ini, aturan ini telah lama menimbulkan bingung dan juga menuai sorotan masyarakat. Tidak sedikit rakyat yang mana melakukan mengkritik di dalam sosial media.

Melalui akun X miliknya @beacukaiRI, Bea Cukai kembali menjabarkan lembaganya adalah yang dimaksud dititipkan untuk berubah menjadi pelaksana aturan Permendag tersebut. Bea Cukai menjelaskan ada 10 barang bawaan yang digunakan dibatasi berdasarkan Permendag 36.

Barang yang dimaksud di dalam antaranya, pakaian jadi juga aksesoris pakaian jadi (tidak ada batasan nilai/jumlah); barang tekstil jadi lainnya (paling berbagai 5 potong per orang); telepon seluler, komputer genggam dan juga tablet (paling banyak 2 unit per warga pada 1 kedatangan di jangka waktu 1 tahun).

Selain itu, ada tas (paling banyak 2 buah per orang); mainan (bernilai paling sejumlah FOB US$ 1.500 per orang); elektronik (paling sejumlah 5 unit dengan nilai paling berbagai FOB US$ 1.500 per orang); alas kaki (paling sejumlah 2 pasang per orang).

Lalu ada barang mutiara (bernilai paling banyak FOB US$ 1.500); hewan juga item hewan (paling sejumlah 5 kg kemudian tak melebihi US$ 1.500 per penumpang); dan juga beras, jagung, gula, bawang putih kemudian item hortikultura (paling sejumlah 5 kg per penumpang).

Bea Cukai menyatakan aturan yang dimaksud mengikat terhadap barang-barang yang dimaksud memang benar dibawa dari luar negeri kemudian dibawa ke Indonesia, sehingga statusnya merupakan barang impor. Kalau penumpang mengakibatkan barang-barang yang dimaksud melebihi yang diatur, maka barang yang dimaksud akan dilarang untuk masuk alias ditegah.

Bea Cukai memperlihatkan apabila individu penumpang menghadirkan 2 buah Sepatu dari luar negeri. Apabila harga jual 2 Sepatu itu tidaklah melebihi US$ 500 maka tidaklah dikenakan bea masuk serta pajak impor. Pembebasan bea masuk lalu pajak impor itu sebab adanya sarana pembebasan fiskal senilai US$ 500 bagi barang-barang yang digunakan untuk diri sendiri lalu tiada digunakan untuk dijual kembali.

Sebaliknya, apabila nilai 2 sepatu itu melebihi US$ 500, maka penumpang yang dimaksud harus membayar selisih nilainya. Caranya adalah dengan menghitung nilai tukar 2 sepatu itu kemudian dikurangi US$ 500. Selisih tarif itulah yang digunakan kemudian terkena bea masuk 10%, PPN 11% serta PPh Impor 10% (dengan NPWP) atau 20% (tanpa NPWP).

Namun Bea Cukai menekankan apabila barang yang dimaksud dibawa merupakan barang yang dibatasi importasinya oleh Permendag 36, maka kelebihan barang yang dibawa akan ditegah untuk dimusnahkan, dilelang, atau dihibahkan sesuai ketentuan yang tersebut berlaku.

Sepatu masuk di kategori barang yang dimaksud dibatasi oleh Permendag 36 yaitu alas kaki. Jadi apabila penumpang mengakibatkan lebih banyak dari 2 pasang, maka sisanya akan disita.

Adapun daftar barang bawaan penumpang yang digunakan dibatasi dan juga tak berdasarkan Permendag 36, adalah sebagai berikut:

1. Alas kaki dibatasi 2 pasang per penumpang

2. Tas dibatasi 2 pcs per penumpang

3. Barang tekstil jadi lainnya dibatasi 5 pcs per penumpang

4. Elektronik dibatasi 5 unit lalu dengan total nilai maksimal FOB 1.500 per penumpang

5. Telepon seluler, handheld serta komputer tablet dibatasi 2 pcs per penumpang di jangka waktu 1 tahun

6. Barang mutiara (bernilai paling banyak FOB US$ 1.500)

7. Mainan (bernilai paling berbagai FOB US$ 1.500 per orang)

8. Makhluk Hidup serta barang hewan (paling banyak 5 kg dan juga tiada melebihi US$ 1.500 per penumpang)

9. Beras, jagung, gula, bawang putih juga barang hortikultura (paling berbagai 5 kg per penumpang).

10. Pakaian jadi lalu aksesoris pakaian jadi (tidak ada batasan nilai/jumlah)

Artikel Selanjutnya Video: Alasan 1 Ton Milk Bun Thailand Dibakar pada RI

Artikel ini disadur dari Ingat, Daftar Barang Bawaan Penumpang dari LN Ini Dibatasi!