Iqbal Gwijangge Terapkan Pelajaran dari Piala Bumi U-17 2023 ke TC Timnas U-20 Indonesia

Iqbal Gwijangge Terapkan Pelajaran dari Piala Bumi U-17 2023 ke TC Timnas U-20 Indonesia

Berita Terbaru Hari IniMelex.id Jakarta – Iqbal Gwijangge mengaku mendapat berbagai pelajaran berharga berkat tampil di area Piala Bumi U-17 2023. Menurut dia, pengalaman menghadapi tim-tim kelas dunia telah lama memberikan ilmu yang dimaksud mungkin saja tak akan mampu diperolehnya lagi.

“Banyak ya (pelajaran yang digunakan didapat). Saya juga melawan tim-tim dunia kemudian kami banyak belajar pertandingan dalam grup,” ujar beliau ketika ditemui di dalam Lapangan A Gelora Bung Karno, Senayan, Ibukota Indonesia Pusat, Kamis, 4 Januari 2024.

Bek berusia 17 tahun itu sebelumnya tergabung di skuad timnas U-17 Indonesia yang tersebut tampil di tempat Piala Planet U-17 2023. Ia terus-menerus tampil penuh 90 menit pada tiga pertandingan yang tersebut dilakoni Garuda Muda pada fase grup. Meski akhirnya mereka gagal lolos ke putaran sistem gugur, pengalaman bermain di area turnamen level dunia itu menghadirkan dampak positif untuk sang pemain.

Kini Iqbal diberi kesempatan ahli Indra SJafri untuk mengikuti pemusatan latihan bersatu timnas U-20 Indonesia. Ia membuktikan kapasitasnya pasca tak tersisih sejak awal kegiatan berlangsung di tempat Qatar, hingga sekarang diselenggarakan di dalam Jakarta. 

Pemain dengan syarat Barito Putera itu berharap pelajaran dari Piala Planet U-17 2023 mampu terus diterapkan sepanjang kariernya. “Saya rasa semua pemain mengambil sejumlah pelajaran kemudian saya harap kami semua bisa saja menyebabkan ilmu itu sampai seumur hidup.”

Timnas U-20 Indonesia telah dilakukan mengatur latihan terkini di tempat Lapangan A Gelora Bung Karno, Senayan, Ibukota Pusat, Kamis, 4 Januari 2024. Salah satu menu latihan yang diberikan pembimbing Indra Sjafri adalah internal game. Iqbal mengemban peran baru sebagai gelandang tengah. Ia mengaku tak kesulitan oleh sebab itu pada sepak bola modern, pemain harus bisa saja bermain dalam lebih besar dari satu posisi.

“Mau jadi bek sedang ataupun gelandang, saya selalu siap. Saya juga jadi mampu belajar bermain dua sikap dikarenakan ketika ini sepak bola modern, kami harus bisa saja bermain dua atau banyak tempat sehingga dapat membantu pelatih,” tuturnya.

Pemusatan latihan timnas U-20 Indonesia akan dilakukan hingga 28 Januari 2024. Garuda Muda dijadwalkan melakoni dua sampai tiga uji coba melawan kelompok dari negara lain. PSSI pada waktu ini sedang menghubungi beberapa pasukan yang dimaksud salah satunya berasal dari Asia.