Negeri Sakura Dibungkam Irak, Kabar Merugikan untuk Timnas Indonesia, Simak Alasannya

Negeri Sakura Dibungkam Irak, Kabar Membahayakan untuk Timnas Indonesia, Simak Alasannya

Berita Bola Hari IniMelex.id Kekalahan Jepun dari Irak di matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 secara tak segera jadi mimpi buruk bagi Timnas Indonesia. Apa alasannya?

Jepang, yang dimaksud datang ke Piala Asia 2023 sebagai unggulan teratas untuk menyabet peringkat juara, secara mengejutkan tak berdaya dalam tangan Irak.

Dalam pertandingan di dalam Stadion Education City, Al Rayyan, hari terakhir pekan (19/1/2024), Negeri Sakura dihajar pasukan berjulung Singa Mesopotamia dengan skor 2-1.

Baca juga: Hasil Piala Asia 2023: Permalukan Jepang, Irak Amankan Tiket 16 Besar dari Grup Timnas Indonesia

Irak mengejutkan rakyat Jepun pasca mampu mencetak gol cepat ketika laga baru berjalan lima menit. Adalah Aymen Hussein yang mana berhasil menjebol gawang kiper Zion Suzuki.

Hussein merupakan penyerang yang dimaksud jadi momok bek Timnas Indonesia Rizky Ridho. Dia mencetak gol ketiga Irak ketika melawan Indonesia usai menang duel udara dari bek Persija itu.

Kini, Hussein meneror barisan belakang Negeri Matahari Terbit lewat postur menjulangnya. Hal itu kian terbukti setelahnya sang pemain mencatatkan brace pada menit 45+4 untuk mengakibatkan Irak unggul 2-0 di dalam fase pertama.

Penyerang Timnas Irak, Aymen Hussein merayakan golnya ke gawang Negeri Sakura pada laga Piala Asia 2023 di tempat Al Rayya, Qatar. [HECTOR RETAMAL / AFP]
Penyerang Timnas Irak, Aymen Hussein merayakan golnya ke gawang Jepun pada laga Piala Asia 2023 di dalam Al Rayya, Qatar. [HECTOR RETAMAL / AFP]

Selepas jeda, Irak coba bermain lebih banyak bertahan. Metode yang digunakan diterapkan ahli Jesus Casas terbukti tepat pada mana Jepun kesulitan untuk menciptakan prospek bersih.

Meski harus menghadapi pertahanan rapat Irak, Samurai Biru nyatanya tidak ada menyerah begitu saja. Mereka berhasil menipiskan ketertinggalan melalui gol Wataru Endo.

Gelandang milik Liverpool itu mencetak gol melalui sundulan usai memanfaatkan umpan sepak pojok pada menit 90+3. Namun, dalam sisa waktu, Negeri Matahari Terbit tak mampu menambah gol hingga akhirnya kalah 1-2.

Kekalahan Negeri Matahari Terbit memproduksi persaingan Grup D untuk mengamankan tiket ke 16 besar Piala Asia 2023 kian sengit.

Baca juga: Sahkan Gol Offside Irak, Wasit Thailand Kembali Jadi Petugas VAR Timnas Indonesia vs Vietnam

Bagi Jepang, hasil ini memproduksi merekan belum sanggup bersantai juga perlu meraih kemenangan pada laga terakhirnya dalam Grup D guna mengamankan tiket ke 16 besar.

Nah, pada sinilah kabar buruk datang untuk Timnas Indonesia. Skuad Garuda merupakan pasukan yang mana akan dihadapi Negeri Sakura pada matchday terakhir Grup D.

Skuad Garuda pada waktu ini menduduki kedudukan buncit tanpa poin usai kalah 1-3 dari Irak pada matchday pertama.

Tim asuhan Shin Tae-yong berencana meraup minimal empat poin dari Grup D dengan harapan bisa jadi melangkah ke 16 besar lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Artinya, secara realistis, Timnas Indonesia harus meraih kemenangan laga kontra Vietnam di matchday kedua yang dimaksud akan berlangsung waktu malam ini, hari terakhir pekan (19/1/2024) pukul 21.30 WIB.

Namun, andaipun meraih kemenangan, jalan Indonesia unuk mendapatkan empat poin dari Grup D terasa amat berat mengingat Negeri Sakura akan jadi lawan terakhirnya.

Meraih satu poin dari Jepun jelas bukanlah hal mustahil bagi Indonesia. Namun, mengingat Negeri Sakura butuh kemenangan untuk menjaga potensi lolos, ambisi Garuda secara matematis akan segera sangat sulit terwujud.

Jepang akan menghadapi Timnas Indonesia pada dalam Stadion Al Thumama pada 24 Januari mendatang, tepatnya pada pukul 18.30 WIB.

Sumber : Suara.com