Berita  

Jokowi Dipastikan Tak Hadiri Acara HUT ke-51 PDIP 10 Januari Nanti, Hasto Ungkap Alasannya

Jokowi Dipastikan Tak Hadiri Acara HUT ke-51 PDIP 10 Januari Nanti, Hasto Ungkap Alasannya

Berita Terkini Hari IniMelex.id Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, angkat bicara menanggapi tentang Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi justru akan melaksanakan tugas negara bertolak bertepatan dalam Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDIP pada 10 Januari mendatang.

Hasto menyatakan jikalau HUT ke-51 PDIP pada 10 Januari tahun ini mempunyai watak untuk ke bawah menyatu dengan rakyat.

Hal itu ditegaskan Hasto menanggapi pertanyaan wartawan masalah Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi akan datang hadir atau tiada di HUT ke-51 PDIP.

Hasto awalnya menyampaikan, di acara HUT ke-51 PDIP nanti Ketua Umum DPP PDIP Prof.Dr.(HC) Megawati Soekarnoputri akan berpidato sekaligus memberikan perintah hariannya. Pidatonya akan dilaksanakan dalam Sekolah Partai PDIP.

Namun yang tersebut utama, peringatan tegas HUT PDIP akan lebih tinggi melibatkan masyarakat. Untuk itu akan sejumlah diwarnai aksi turun ke bawah.

Soal peluncuran Presiden Jokowi, Hasto mengaku, pihaknya sudah ada menerima laporan apabila Jokowi, bertepatan dengan HUT ke-51 PDIP, akan melaksanakan tugas negara ke Filipina.

“Jadi peringatan serius ultah PDI Perjuagan akan diawali dengan pidato urusan politik ibu Ketua Umum sekaligus perintah harian. Dan akibat peringatan keras ini diadakan dalam basis rakyat dalam tingkat RT/RW maka kegiatan akan melibatkan rakyat. Ini adalah sebagai jati diri PDIP,” kata Hasto di area Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Ibukota Indonesia Pusat, Hari Sabtu (6/1/2024).

“Kami telah mendapat informasi juga bapak Presiden Jokowi akan melaksanakan tugas negara pada luar negeri di dalam Filipina. Tapi watak kegiatan kali ini memang benar ke bawah, menyatu dengan rakyat itu sendiri,” sambungnya.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto di tempat Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, DKI Jakarta Pusat, Hari Sabtu (6/1/2024). (Suara.com/Bagaskara)
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto di area Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Ibukota Indonesia Pusat, Hari Sabtu (6/1/2024). (Suara.com/Bagaskara)

Sementara dalam sisi lain, politisi selama Yogyakarta ini menjelaskan, jikalau Megawati akan menyampaikan pidatonya di HUT ke-51 PDIP dari Sekolah Partai, dalam Lenteng Agung, DKI Jakarta Selatan.

Nantinya usai penyampaian pidato dari Megawati, Hasto menjelaskan, kegiatan akan dilanjutkan sore harinya sama-sama warga tingkat RT/RW seluruh Indonesia dengan jajaran DPD partai serta para calon anggota legislatif.

“Nanti ibu Megawati Soekarnoputri dalam di meyampaikan pidato politiknya di dalam Sekolah Partai. Karena partai urusan politik menjadi fungsi rekrutmen lembaga pendidikan politik, dan juga kaderisasi,” tuturnya.

“Dan pada sore harinya antar jam 4 kemudian 7 malam, seluruh struktural partai termasuk DPD Partai, kemudian calon anggota legislatif, calon kepala daerah, akan mengadakan kegiatan HUT PDIP sama-sama publik dalam RT/RW. Di basis-basis rakyat,” imbuhnya.

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, mengatakan, memang sebenarnya Jokowi ada rencana kunjungan kenegaraan ke beberapa negara di area Asean pekan depan. Namun, ia belum memberikan jadwal detailnya.

“Ada rencana ke beberapa negara ASEAN, nanti saya update ke temen-temen lagi kepastiannya,” kata Ari di area Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, hari terakhir pekan (5/1).

Sumber : Suara.com