Berita  

Karena Sosok Ini, Sandiaga Uno Ditertawakan dalam Istana Gegara PPP Kalah

Karena Sosok Ini, Sandiaga Uno Ditertawakan pada Istana Gegara PPP Kalah

Jakarta – Pertama kalinya Partai Persatuan Pembangunan atau PPP tak lolos ke DPR usai pemilihan 2024. Hal ini pun memproduksi Menteri Wisata dan juga Sektor Bisnis Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Bappilu PPP berubah menjadi substansi tertawaan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kemudian para menteri di dalam Istana Kepresidenan.

Kejadian itu bermula ketika Jokowi meminta para menteri melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak di Istana Negara, Jakarta. Di sela kegiatan tersebut, Menteri Pengembangan Usaha Bahlil Lahadalia menyindir Sandiaga yang dimaksud punya banyak harta.

“Pak Sandi tadi mau bayar pajak lebih, Pak, tetapi PPP nggak lolos 4 persen,” ucap Bahlil ke Jokowi sembari tertawa pada Istana Negara, Jakarta, Hari Jumat (22/3/2024), disitir dari CNN Indonesia.

Para menteri pun terbahak-bahak mendengar lelucon Bahlil. Jokowi juga tampak terkekeh di momen itu.

Sandiaga menanggapi guyonan Bahlil itu dengan santai. Ketua Bappilu PPP itu bergabung tertawa dengan menteri Kabinet Nusantara Maju lainnya. “Ditarik lagi ya?” ucap Sandi menimpali becandaan Bahlil sambil tertawa.

Jokowi larut pada momen itu. Namun, ia mengingatkan Bahlil perihal lelucon PPP. “Ini pajak loh,” kata Jokowi ke Bahlil.

Bahlil terus mengolok-olok Sandiaga dan juga PPP. Kemudian Menteri Keuangan Sri Mulyani berkali-kali mencolek Bahlil agar tak bercanda terlalu jauh.

Beberapa ketika kemudian ke lingkungan Istana Kepresidenan, Sandi mengaku ke wartawan bahwa ia tak tersinggung dengan lelucon Bahlil. Dia memaparkan telah terbiasa menghadapi aksi konyol Bahlil sejak keduanya masih kecil.

“Enggak (tersinggung), cuma pas Pak Bahlil guyon, suaranya kurang sedikit 4 persen, Pak Presiden bilang, ‘Tambahin doanya,'” kata Sandi tersenyum.

PPP gagal menembus DPR untuk pertama kalinya. Pada pemilihan raya Serentak 2024, PPP meraih 5.878.777 ucapan atau setara 3,87 persen ucapan sah nasional. Ambang batas parlemen ketika ini 4 persen.

PPP tak tinggal diam. Mereka menyiapkan langkah hukum untuk menggugat hasil pemilihan umum ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek berkata hitungan internal PPP mencatat pernyataan dalam berhadapan dengan 4 persen. Dengan modal itu, dia akan melangkah ke MK.

“Kalau internal PPP sendiri 4 persen lebih. Internal kami itu 4,05 atau 4,04 persenlah, dapat kita ini. Cuma ya itu tadi, lantaran kita belum juga memegang data resminya, ya kita tunggu, nanti kita gugat ke Mahkamah Konstitusi,” ungkap Awiek ke Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Artikel Selanjutnya Now! Sandi Uno Blak-Blakan Soal Bisnis Hibur Hingga Kabinet Jokowi

Artikel ini disadur dari Karena Sosok Ini, Sandiaga Uno Ditertawakan di Istana Gegara PPP Kalah